Niat Sholat Dhuha, Lengkap dengan Doa, Tata Cara dan Keistimewaannya

Read Time:4 Minute, 18 Second

harfam.co.id, Jakarta – Sholat Dhuha merupakan salah satu salat sunnah yang memiliki manfaat luar biasa. Sholat dukha dilaksanakan setelah terbit matahari hingga salat zuhur. Waktu yang paling baik untuk melaksanakan Sholat Dhuha adalah antara pukul 08:00 WIB hingga 11:00 WIB.

Sholat dukha biasanya berkisar antara 2 hingga 12 rakaat. Namun perlu diperhatikan, salat ini sebaiknya dilakukan secara mandiri, bukan berjamaah.

Tuhan SWT akan membangun rumah indah di surga yang terbuat dari emas untuk umat Islam yang berdoa. Ada pula yang mengatakan bahwa setiap muslim yang shalat akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang menunaikan umrah.

Apalagi manfaat salat Dhuha yang paling terkenal adalah gizinya yang mudah. Umat ​​Islam yang membaca doa ini akan mendapatkan kekayaan seperti rampasan atau rampasan perang.

Selain menerima salat dengan makan ringan, menunaikan salat Dukha juga dapat mempermudah aktivitas sehari-hari. Misalnya saja bisnis, periklanan bahkan mencari partner dengan mudah.

Berdasarkan salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Rasulullah, Hakeem dan Thabrani: “Anak Adam, jangan malas shalat empat rakaat di awal Asar (sholat Dhu’a), niscaya kebutuhanmu tercukupi. Nanti.” hari ini.” Maksud Sholat Dhuha.

Umat ​​Islam disarankan untuk membaca pikiran sebelum melaksanakan shalat Dukha. Baca di bawah tujuan Sholat Dhuha. اُصَلِّى سُنَّ Semoga Tuhan memberkati Anda

Usalli Sunnatadh-dhuhaa rakatayi lillahi taalahi.

Jadi

“Demi Allah, saya niat shalat dhuha dua rakaat”.

Bila kita mengetahui niat, doa dan amalan shalat Dukha :

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’uka wal jamaala jamaaluu wal quwwatuka wuwwatuka wal-qudrowa qudratuka wal ‘ismata’ ismatuka.

Allahumma dalam rizqi fis-sama’i fa anzilhu, wa kana ardi fa akrijhu, wa kana muassiran fa yassirhu wa kana haramaan fa tahirhu wa in kana baiidan fa qarribhu bi haqi duha’ika wa bahaa. ‘ika wa jamalika wa quwwatika wa kudratika, atinii maa ataita’ Ibadakash-shalihin.

Jadi

Ya Allah, sesungguhnya surga waktu adalah milikmu, tinggi badanmu adalah tinggi badanmu, kecantikanmu adalah keindahanmu, kekuatanmu adalah kekuatanmu, dan perlindunganmu adalah perlindunganmu.

Aku bersumpah demi Allah, jika doaku di surga, turunkanlah, jika di bumi, keluarlah, dan jika sulit, permudahlah aku.

Jika najis, bersihkanlah, dan jika jauh, dekati kebenaran Allah.

Sebelum melaksanakan salat Dhuha, hendaknya umat Islam mengetahui tata krama salat Dhuha.  Urutan Doa:

1. Membaca doa ringan

2. Membaca masa Fatihah

3. Membaca satu huruf Al-Quran. Rakaat pertama dibacakan di Asy-Siam dan rakaat kedua di Al-Lail.

4. Membungkuk dan mendaraskan rosario tiga kali.

5. Ekonomi dan pendidikan.

6. Pertama lakukan baris dan doakan rosario tiga kali.

7. Duduklah di antara dua sujud dan bacalah.

8. membaca sujud kedua dan tasbih sebanyak tiga kali.

Setelah rakaat pertama, dilakukan rakaat kedua seperti yang disebutkan di atas. Berikutnya adalah ujian akhir. Setelah selesai, ucapkan salam dua kali. Raka’at selanjutnya dilakukan seperti pada contoh di atas.

Doa ini memiliki banyak keistimewaan yang dapat mendorong Anda untuk membacanya. Penasaran apa saja fitur spesialnya? Lihat disini 1. Surga diberi gerbang khusus

Keistimewaan lain yang Allah janjikan kepada orang-orang yang ikhlas berdoa adalah diberikannya pintu khusus di surga, yaitu pintu yang disebut Dukha.

Oleh karena itu, jelaslah bahwa orang yang membacakan doa dengan sungguh-sungguh mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Allah, dan telah dibuatkan pintu khusus baginya untuk masuk surga, baik ia seorang Muslim sejak lahir atau beriman.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata dalam sebuah hadits:

“Sesungguhnya di antara pintu-pintu gerbang surga itu ada yang disebut dengan pintu gerbang surga. Apabila tiba hari kiamat nanti akan dipanggil oleh malaikat penjaga surga, siapa yang berdoa, inilah pintu gerbangmu, maka masuklah ke dalam cinta Allah” (HR Thabrani) ). 2. Silag sama dengan Haji dan Umrah

Barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha dengan ikhlas akan mendapat pahala haji dan umrah yang luar biasa sesuai hadits Anas Radhiillahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, berdzikir kepada Allah sambil duduk hingga matahari terbit, dan melaksanakan shalat dua rakaat zuhur, maka ia akan mendapat pahala haji dan umrah.

Orang yang rutin berdoa akan diampuni dosanya, betapapun baiknya Tuhan, meski dosanya ibarat gelembung di lautan. Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berikut ini semakin menguatkannya:

“Barangsiapa yang berdoa kepada Allah, maka diampuni dosanya, meskipun ia seperti buih di lautan” (HR. Tirmidzi)

Sama dengan nilai shalat dhuha dan sedekah. Pengorbanan yang dianggap merupakan pengorbanan yang wajib bagi 360 anggota tubuh, apalagi jika dilakukan dengan ikhlas. Umat ​​Islam yang melaksanakan shalat Dhuha mendapat pahala yang sama seperti hadis Nabi bersabda:

“Setiap kalian mempunyai sedekah, setiap tasbih (Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (La ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah. Sedekah, dan dia memberi petunjuk pada kebaikan.  5. Berikan harimu secukupnya

Doa yang dipanjatkan seseorang di awal hari menjanjikan tercukupinya makanan atau kebutuhan orang tersebut di penghujung hari. Sholat dukha merupakan doa memohon rezeki dari Allah SWT.

Ia pun berjanji kepada Allah bahwa setiap muslim yang khusyuk shalat akan diberikan apa yang dibutuhkannya setidaknya di sore hari atau di hari akhir. Janji Allah dapat ditemukan dalam hadits Rasulullah:

Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman: “Anak Adam, cukuplah bagiku 4 rakaat di awal hari, dan cukup bagimu di siang hari”.

Janji Allah itulah yang akan menjadi penyebab hati bersedih dan kekurangan rezeki, serta mencegah resiko putus asa sebagian orang yang kekurangan. Sholat dhuha merupakan salah satu cara untuk mengabulkan keinginan yang mendesak, seperti mendoakan keinginan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Aplikasi Bersih-bersih Sampah di HP, Nomor 1 hingga 3 Familiar
Next post Jay Idzes Bantu Venezia Promosi ke Liga Italia, Akankah Dilirik Timnas Belanda?