December 28, 2024
Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp 58 Kudriliun, Apa Dampaknya ke Ekonomi Indonesia?

Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp 58 Kudriliun, Apa Dampaknya ke Ekonomi Indonesia?

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

harfam.co.id, Jakarta Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, layanan keuangan digital menjadi tantangan bagi para pengusaha untuk bersaing di industri tersebut. 

Sejalan dengan hal tersebut, Fintech Enabler SPE Solution memperkuat komitmennya untuk mendukung pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui CRING Payment Facilitator, produk perbankan terintegrasi berbasis API yang dirancang untuk membantu dunia usaha melacak dan mengelola pendapatan dan pendapatan. dalam waktu nyata 

Layanan keuangan digital telah menjadi bagian integral dari transformasi sektor keuangan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. Membuka pintu bagi masyarakat dan dunia usaha untuk lebih mudah mengakses layanan keuangan, meningkatkan efisiensi, memperluas peluang pengelolaan keuangan, dan meningkatkan inklusi keuangan Indonesia dalam lanskap perekonomian negara. 

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), nilai transaksi perbankan digital meningkat 13,48% (year-on-year) pada tahun 2023 menjadi Rp58.478,24 triliun. Begitu pula dengan nilai transaksi uang elektronik (UE) yang tumbuh sebesar 43,45% (YoY) menjadi Rp 835,84 triliun, dan diperkirakan meningkat sebesar 25,77% (YoY) menjadi Rp 1.051,24 triliun pada tahun 2024. 

Namun dalam konteks transformasi layanan keuangan digital, berbagai sektor perekonomian, khususnya UKM, masih mengalami kesulitan dalam mengakses layanan keuangan digital. Kendala seperti modal, waktu, dan tenaga kerja terampil yang memadai merupakan kendala dalam penerapan teknologi digital untuk bersaing di industri. 

Andy Mahendra Giriseno, Product Lead SPE Solutions, mengatakan tingginya nilai transaksi digital menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan di era digital saat ini.

Mengingat pesatnya pertumbuhan nilai transaksi digital di Indonesia, jelas bahwa pembayaran digital telah menjadi solusi utama pilihan masyarakat. Hal ini tidak hanya memenuhi kebutuhan layanan perbankan, namun juga mengindikasikan perlunya sistem pembayaran yang lebih cepat, sederhana, dan efisien.

Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus mendukung transformasi ini dengan solusi inovatif yang ditawarkan CRING, yang kami yakini akan memberikan dampak positif bagi ekosistem keuangan digital yang lebih berkeadilan di Indonesia, kata Andy. 

 

 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, sebagai entitas pionir, CRING berkomitmen untuk menyederhanakan layanan keuangan digital dengan memberikan lebih banyak pilihan dan peluang bagi pelaku bisnis, termasuk usaha menengah, untuk mengakses layanan keuangan digital melalui integrasi yang lebih sederhana dan hemat biaya. 

Hal ini dipandang penting sebagai upaya nyata untuk memperluas akses keuangan yang berkeadilan, meningkatkan kesejahteraan keuangan, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

CRING menawarkan berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis terkini di bidang keuangan digital, seperti Virtual Account yang memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran dengan mudah dan aman, Transfer Dana yang memfasilitasi transfer dana antar rekening secara cepat dan efisien, Validasi Bank untuk validasi finansial data transaksi, di QRIS pelanggan dapat dengan cepat melakukan pembayaran dengan memindai kode QR, serta banyak layanan lainnya. 

 

Melalui layanan ini, CRING menawarkan solusi terintegrasi kepada usaha menengah untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka secara efisien, nyaman dan efisien. Menurut Rahman Armenzaria, Manajer Produk Solusi di SPE, CRING dirancang untuk memenuhi kebutuhan akses terhadap layanan keuangan digital yang dapat diakses oleh perusahaan besar, tetapi juga menyasar usaha menengah. 

“CRING berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap bisnis memiliki akses yang sama terhadap teknologi keuangan, termasuk bisnis skala menengah. “Melalui fitur dan layanan yang ditawarkan, kami berkomitmen untuk menghadirkan produk hemat biaya yang dapat memfasilitasi operasional bisnis berdasarkan kebutuhan mereka sebagai sebuah perusahaan. solusi digitalisasi layanan keuangan,” kata Rahman. 

Menghadirkan solusi inovatif di sektor teknologi keuangan, SPE Solution bertujuan untuk menjadi mitra strategis pemerintah untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui kolaborasi yang terarah, menciptakan ekosistem keuangan inklusif, memberdayakan wirausaha di semua tingkatan dan memberikan berbagai dukungan. sektor ekonomi untuk menerapkan transformasi digital sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia. 

“Kami memberikan peluang bagi pengusaha, UKM, dan organisasi yang membutuhkan akses terhadap layanan keuangan digital untuk bermitra dengan kami guna menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan. “Melalui kolaborasi ini, kami bertujuan untuk mempercepat transformasi digital, meningkatkan efisiensi operasional bagi nasabah kami, dan menciptakan lebih banyak aksesibilitas dan solusi keuangan yang nyaman bagi semua pihak yang kami harapkan dapat diberikan,” tutup Rahman. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link