Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchinson Bakal Bikin Pusat AI Indonesia di Solo, Investasi Rp 3 Triliun

Read Time:3 Minute, 8 Second

harfam.co.id, Jakarta – Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchinson diketahui akan berinvestasi dalam pengembangan AI atau kecerdasan buatan di Indonesia. Informasi ini diumumkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Budi Ari Sethiadi.

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk melakukan investasi sebesar USD 200 juta yakni Rp 3 triliun untuk membangun bangsa AI Indonesia,” kata Menkominfo saat rapat bersama di Kantor Kominfo, Rabu. 3/4/2024).

Menurutnya, uang ini aman dilakukan di Kota Solo, Jawa Tengah, khususnya di Solo Techno Park. Pembangunan ini fokus pada infrastruktur termasuk sumber daya manusia. 

Menkominfo menyampaikan, pusat tersebut akan menjadi pusat kecerdasan buatan (AI) di Indonesia. Menurut Menkominfo, ruang atau investasi yang diciptakan Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchinso akan disebut Indonesia AI Nation.

Pak Budi Iri mengatakan, dipilihnya kota Sulu karena dikatakan memiliki masyarakat yang baik. Ia juga mengatakan, rencana ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Tunggu saja detailnya, tapi hanya ini yang dijanjikan. Apapun proyeknya, akan selesai dalam waktu dekat, jelas Budi Iri. Investasi dalam pengembangan AI ini dianggap karena teknologi ini diharapkan akan semakin maju di masa depan.

Sebagai informasi, Indosat Ooredoo Hutchinson Group (Indosat atau IOH) sebenarnya telah bekerja sama dengan NVIDIA untuk menempatkan Indonesia di garda depan revolusi kecerdasan buatan AI secara global, sekaligus memasuki fase baru era inovasi. dan digitalisasi.

 

Ditemui dalam pertemuan yang sama, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nizar Patria mengatakan, kerja sama antara Nvidia dan Indonesia ini sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

“Nvidia berkomitmen memberikan edukasi kepada sekitar 20.000 pelajar Indonesia untuk mengembangkan keterampilannya di bidang AI. Hal ini merupakan bagian dari pengembangan talenta digital di Indonesia.”

Ia juga mengatakan investasi tersebut merupakan kelanjutan komitmen jangka panjang Nvidia terhadap Indonesia. Mengingat kolaborasi ini bersifat strategis, Nvidia pun disebut-sebut menjadi perusahaan yang berkinerja baik di lanskap AI global. 

“Jadi ini kolaborasi yang kuat dan kami berharap ada juga transfer teknologi, sehingga Anda tidak hanya sekedar pengguna, tapi Anda juga bisa menjadi bagian dari pemain AI yang terlihat di kawasan dan dunia,” lanjutnya. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Langkah tersebut juga disebut sebagai upaya memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia. Diperkirakan Indonesia akan membutuhkan sekitar 90 juta talenta digital pada tahun 2035. 

 

Di sisi lain, Menkominfo mengajak masyarakat usai memasuki tahap akhir pemilu presiden, setelah kedua pasangan Prabowo Sabianto dan Gibran Rakaboming Raka dinyatakan sebagai pemenang.

Menurut Budi Ari, pemilu presiden sudah usai, sehingga ia berharap masyarakat terus maju dan bersatu kembali membangun negara. Apalagi Indonesia sedang bergerak menuju negara maju.

“Kami ingin pemilu presiden ini selesai, makanya kami berharap masyarakat tetap melanjutkan, dan saya yakin masyarakat akan terus melanjutkan karena pemilu presiden 2024 sudah selesai,” ujarnya di sela-sela rapat bersama. Dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi.

“Mari kita bersatu kembali demi pembangunan negara kita, karena Indonesia ingin bersatu dan bersatu agar kita bisa menjadi negara maju,” imbuhnya.

Disinggung kemungkinan kembali menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Ari mengaku belum yakin. Katanya, itu adalah hak presiden terpilih.

“Iya tunggu dulu. Itu hak Presiden. Kita tidak ada apa-apa untuk dikatakan. Terserah Pak Prabhu dan Bu Gibran. Kita tidak tahu,” tutupnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah merencanakan penetapan hasil pemilu 2024 setelah merampungkan rapat terbuka pembahasan hasil di 38 daerah se-Indonesia.

Hasilnya, Wakil Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Jibran Rakaboming Raka memperoleh suara terbanyak.

“Untuk melihat hasil pemilihan presiden dan wakil presiden pada pemilu tahun 2024 berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024,” kata Hasim Assyari, Ketua KPU RI, Menting, Tengah. Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Untuk pengukuhan pada Pemilu 2024, dua pasangan calon pertama Anis Basvidan-Mohimin Iskandar memperoleh 4.996 suara.

Kini Prabowo Subianto Gibran Rakaboming Raka memperoleh 96.214.691 suara.

Selain itu, pasangan calon ketiga Ganjar Paranoo-Mahfoud Muhammad memperoleh 27.448 suara. Total suara yang masuk adalah 164.227.475. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ada Ban Berteknologi Baru di IIMS 2024
Next post FLEI 2024 Didominasi Industri Kuliner, F&B Expert Ungkap Pentingnya Sertifikasi Keamanan Pangan