Peringkat UI Terbaik di Indonesia Berdasarkan Pemeringkatan Scimago

Read Time:2 Minute, 12 Second

Depok – Universitas Indonesia (UI) tetap menjadi yang terbaik di Indonesia menurut SCImago Institutional Ranking (SIR) 2024 setelah menduduki peringkat #1 se-Indonesia selama tiga tahun berturut-turut. Tahun ini, peringkat UI naik secara global dari peringkat 629 menjadi peringkat 457. Pemeringkatan UI ini didasarkan pada penilaian terhadap tiga indikator, yakni riset (efektivitas penelitian), inovasi (hasil inovasi), dan masyarakat (dampak sosial).

Untuk keseluruhan sektor, Indikator Riset UI menduduki peringkat 1 di Indonesia, peringkat 4 di Asia, dan peringkat 8 dunia, dan Indikator Sosial UI peringkat 1 di Indonesia, peringkat 1 di Asia, dan peringkat 4 global. Sedangkan untuk bidang pendidikan tinggi, skor riset UI menduduki peringkat 1 di Indonesia, peringkat 5 di Asia, dan peringkat 8 dunia, serta peringkat sosial UI peringkat 1 di Indonesia, peringkat 2 di Asia, dan peringkat 5 dunia.

Rektor UI, Prof. Ari Kunkora mengatakan, prestasi ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh civitas akademika UI. Berkat kontribusi seluruh civitas akademika, UI menjadi yang terdepan di Indonesia versi SIR 2024.

“Setelah tiga tahun berturut-turut menduduki peringkat No. 1, UI lagi No. 1 di Indonesia tahun ini. Menariknya lagi, rating UI juga meningkat secara signifikan di seluruh dunia. Ini tentu merupakan sesuatu yang kami banggakan. “Saya berharap kedepannya user interface mampu meningkatkan produktivitas penelitian, menghasilkan inovasi-inovasi hebat dan berpeluang memberikan dampak sosial yang luas,” ujarnya pada Jumat, 5 April 2024.

Amelita Lucia CPR, Kepala Urusan Publik Kantor Antarmuka dan KIP, mengatakan SIR membagi keluaran ilmiah lembaganya ke dalam 19 bidang studi. Keluaran UI berhasil menduduki peringkat 18 mata pelajaran, 9 diantaranya menduduki peringkat 1 se-Indonesia.

“Sembilan bidang studi: seni dan humaniora; Bisnis, manajemen dan akuntansi; industri energi; Obat; Ilmu Sosial; Ekonomi, ekonomi dan keuangan; rekayasa; Fisika dan astronomi; dan psikologi,” katanya.

Dari seluruh mata kuliah tersebut, UI mempunyai 4 mata kuliah yang diklasifikasikan berdasarkan mata kuliah sempit yaitu Kedokteran, Ilmu Sosial, Teknik Mesin, serta Ilmu Pertanian dan Hayati. Terdapat 10 kategori dalam 4 area konten tersebut yang juga menduduki peringkat #1 di Indonesia.

Sepuluh kategori: arsitektur; Konstruksi; Anestesiologi dan pengobatan nyeri; Resusitasi dan perawatan intensif; gastroenterologi; Oftalmologi; Pediatri, Perinatologi dan Kesehatan Anak; Radiologi, Kedokteran Nuklir dan Pencitraan; Antropologi; dan koneksi.

SCImago Institutional Ranking (SIR) merupakan pemeringkatan institusi akademik dan penelitian berdasarkan kombinasi tiga indikator berbeda. Tujuan SIR adalah untuk menyediakan alat pengukuran yang berguna bagi lembaga, pembuat kebijakan, dan manajer penelitian untuk menganalisis, menilai, dan meningkatkan kinerja, hasil, dan hasil inovasi lembaga. Selain universitas, SIR melakukan pemeringkatan untuk empat sektor lainnya, yakni pemerintahan, kesehatan, perusahaan, dan organisasi nirlaba. Ratusan mahasiswa dan dosen UI menggelar aksi kemanusiaan untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Ratusan Mahasiswa dan Dosen UI Aksi Kemanusiaan Dukung Kemerdekaan Palestina harfam.co.id.co .id 4 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Menkop: Ramadhan dan Idul Fitri Jadi Momentum Tepat Bagi UMKM Berproduksi