Persiapkan Diri dan Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran, Ini Tips dari Pakar

Read Time:1 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Jakarta – Masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil untuk pulang kampung menghabiskan lebaran di kampung halaman. Pasalnya, selain lebih praktis juga lebih murah dibandingkan membeli tiket angkutan umum untuk satu keluarga.

Namun, ketika Anda memilih kendaraan khusus seperti mobil untuk menuju ke kota Anda, terdapat potensi risiko terkait lalu lintas darat selama periode pulang kampung, dan kami mengingatkan Anda tentang aspek keselamatan yang harus dipersiapkan.

Pastikan mobil yang Anda kendarai dalam kondisi baik, kata Jusri Poloboho, kepala instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Al-Jisri menjelaskan dalam keterangan resmi, Sabtu (30/30/2024), “Pastikan kendaraan yang Anda bawa dalam kondisi baik: mesin, ikat pinggang, kelistrikan, manifold atau knalpot, ventilasi mesin, kompartemen penumpang, rem, dan ban.” .

Selain itu, Al-Jisri juga mengatakan, pastikan pengemudi dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki masalah pekerjaan, keuangan, atau keluarga yang serius.

Al-Jisri menekankan, “Masalah yang berat akan mempengaruhi konsentrasi. Kemampuan kognitif akan menurun, begitu pula kemampuan analitis dan solusi pengendalian emosi.”

Terakhir, pemudik kendaraan bermotor perlu memiliki manajemen perjalanan yang baik, seperti memilih rute yang akan ditempuh, mengetahui waktu lalu lintas dan mengatur barang yang akan diangkut agar tidak bertentangan dengan faktor kenyamanan, konsumsi bahan bakar. mesin menjadi berat), serta keselamatan dan keamanan.

Sekadar informasi, selama bulan Ramadhan kegiatan JDDC sangat ramai dengan memberikan banyak edukasi keselamatan berkendara, khususnya menyambut musim balik Idul Fitri 2024.

 

Kegiatan ini mencakup pelatihan pengemudi pertahanan dan proses sertifikasi yang diadakan hampir setiap hari di banyak kota di Indonesia seperti Aceh, Sumatera Utara, Jakarta dan Manado.

Selain itu, mereka juga telah mengikuti beberapa program webinar untuk perusahaan-perusahaan besar yang mencakup wilayah bisnisnya di Indonesia, dan telah menyelenggarakan dua program train-the-trainer.

Terdapat juga kegiatan untuk mengisi Acara Sosialisasi Mudik Aman 2024 bagi LSM yang bergerak di bidang keselamatan jalan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dan Penunjang, ikut serta dalam pencanangan Mudik yang diluncurkan oleh media televisi nasional dan menjadi bagian dari staf pendamping (pengemudi ahli) untuk test drive pada pameran mobil di Pondok Indah Mall.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Suzuki Luncurkan V-Strom 800RE, Ini Detail Bodynya
Next post Nagita Slavina Berbagi Makanan Bekas Gigitannya, Dokter Ungkap Cara Hormati Orang Lain