Pertama di Asia, DHL Luncurkan Pusat Logistik Kendaraan Listrik di Batam

Read Time:2 Minute, 47 Second

harfam.co.id, Jakarta – DHL Global Forwarding, salah satu spesialis pengiriman barang Grup DHL, meluncurkan Batam EV Center of Excellence, pusat logistik kendaraan listrik (EV) pertama di Asia.

Pusat logistik kendaraan listrik di Batam ini hadir untuk menjembatani kesenjangan ekosistem kendaraan listrik, khususnya melayani industri EV yang sedang berkembang di wilayah ini.

Vincent Yong, presiden DHL Global Forwarding Indonesia, mengatakan Batam EV Center of Excellence bertujuan untuk berkontribusi pada pengembangan rantai pasokan mobil listrik terintegrasi di Indonesia, memperkenalkan mobil listrik baru ke pasar lokal, termasuk layanan pengiriman end-to-end . .

“Pusat Keunggulan EV Batam menawarkan beragam layanan komprehensif dan modular termasuk logistik inbound dan outbound dengan berbagai moda transportasi, pergudangan dan penanganan baterai purna jual dengan layanan bernilai tambah seperti pengujian dan pengisian baterai,” kata Vincent Yong. Kamis (21/3/2024).

Penanganan tersebut meliputi masalah garansi, penggantian dan pelepasan baterai, penyimpanan, pengisian daya, dan layanan dealer, jelasnya. Fasilitas ini dilengkapi dengan ruangan yang dapat dikontrol suhu dan kelembapannya serta solusi terpadu yang luas untuk barang-barang umum dan berbahaya.

Menurutnya, lokasi Batam yang dekat dengan pusat aktivitas manufaktur dan perdagangan Asia-Pasifik menjadikannya sebagai hub internasional yang sedang berkembang dan lokasi ideal untuk EV Center of Excellence yang baru.

Selain itu, status zona perdagangan bebas dan zona ekonomi khusus Batam, yang memaksimalkan efisiensi, memungkinkan pelanggan menikmati konektivitas tanpa batas ke pasar global tanpa mengorbankan waktu tunggu.

“Dengan kekayaan sumber daya alam nikel dan kobalt, Indonesia memainkan peran penting dalam mengembangkan rantai pasokan kendaraan listrik yang terintegrasi. Sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadi produsen baterai kendaraan listrik global pada tahun 2027, Batam EV Centre of Excellence akan memperkuat industri EV lokal sekaligus mendukung tujuan ini. Menandai tonggak penting,” katanya.

Menurutnya, DHL telah membuktikan keahliannya dalam menangani logistik EV dengan standar tertinggi. Kami menawarkan layanan yang fleksibel dan dapat disesuaikan, memungkinkan pelanggan mengintegrasikan solusi kami ke dalam proses rantai pasokan mereka dengan lancar.

“Tim ahli EV kami juga siap memberikan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan,” tambahnya.

EV Center of Excellence merupakan bagian dari EV dan Battery Supply Center pertama di Asia, yang dibangun oleh DHL Global Forwarding dan dikembangkan melalui kerja sama dengan tim EV Customer Solutions and Innovation (CSI) DHL.

Pusat logistik kendaraan listrik perintis ini adalah fasilitas multi-pengguna yang menawarkan dukungan ekspansi sesuai kebutuhan spesifik. Fasilitas ini tidak hanya memenuhi standar keselamatan dan keamanan untuk penanganan baterai EV yang optimal, tetapi juga bersertifikat ISO 9001, 14001, dan 22301.

Fathi Tlatli, President, Global Sector Auto-Mobility, DHL CSI, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberdayakan pelanggan dengan konektivitas tanpa batas dan pemberian layanan yang tak tertandingi melalui EV Center of Excellence yang baru.

“Sebagai bagian dari jaringan global yang berpusat di Eropa, Amerika, dan Timur Tengah, dan dengan ekspansi yang berkelanjutan, pelanggan tidak hanya mendapatkan akses ke pasar lokal, tetapi juga peluang pertumbuhan di pasar global,” kata Fathi.

Selain peluncuran Batam EV Center of Excellence, DHL Global Forwarding Indonesia juga memperkenalkan mobil van listrik terbaru yang menyediakan layanan penjemputan dan pengantaran ke wilayah Jabodetabek dan Karawang.

Penggunaan kendaraan listrik untuk pengiriman jarak jauh ini menggarisbawahi komitmen DHL terhadap keberlanjutan dan mengurangi emisi karbon sekaligus membantu pelanggan memperluas jejak lingkungan mereka.

Van listrik ini dilengkapi dengan fungsi fast charging yang dapat diisi hanya dalam waktu satu jam. Mampu menempuh jarak hingga 300 km dengan sekali pengisian daya, van listrik ini menawarkan solusi transportasi yang andal dan ramah lingkungan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Dekati Google, Apple Bakal Pasang Gemini di iPhone
Next post 3 Kali Bos Microsoft Satya Nadella ke Indonesia, Semuanya Ketemu Jokowi