harfam.co.id – Di era digital yang terus berkembang, penting bagi merek lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada dan terus melakukan perubahan untuk memberdayakan kehidupan mereka. Salah satu kunci sukses yang mendorong pesatnya pertumbuhan bisnis lokal dan UMKM adalah pentingnya peran platform e-commerce.
Menilik bisnis beberapa bulan terakhir, konsistensi dan dukungan platform e-commerce khususnya Shopee memberikan warna baru dan berkontribusi dalam sejarah bisnis di desa yang berkembang di Indonesia. Salah satu dukungan yang diberikan adalah dengan kembali menggelar Shopee Super Awards 2023 yang merupakan penghargaan bagi entitas dan individu yang berkontribusi dalam pengembangan perdagangan digital menggunakan teknologi Shopee sepanjang tahun, termasuk UMKM lokal.
UMKM lokal dinilai berperan penting sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak kategori dalam Shopee Super Awards 2023 yang khusus ditujukan kepada para pelaku UMKM yang telah merasakan manfaat besar dari ekosistem e-commerce Indonesia.
Salah satu UMKM pemenang Shopee Super Awards 2023 adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana meraih penghargaan pada kategori UMKM Super Livestreamer, berkat dedikasinya dalam menggunakan video live dan sukses menjual ribuan share dalam sehari.
Triana juga berbagi cerita kepada media tentang perjalanannya memulai toko online mukea. Pada awalnya, pria berusia 43 tahun ini memiliki perusahaan pemanas, namun anggarannya berubah drastis karena pelanggannya membayar lebih untuk waktu yang lama. Catatan. Foto: Christin Djuarto, CEO Shopee Indonesia menyerahkan Penghargaan UMKM Super Livestreamer Group kepada Triana Saptiaji, pemilik Azella Collections di Shopee
“Saya sudah pakai shopee sejak tahun 2015, tapi saat itu hanya untuk belanja saja dan saat itu saya masih punya toko online. Istri saya bilang sudah saatnya menjadi bijak lagi, lebih modern, semuanya digital, jadi kita butuh untuk bisa maju Sebagai UMKM kecil butuh sesuatu yang bisa cepat menghasilkan modal, saya pun membuka Azella Collections di Shopee. “Alhamdulillah saya bersyukur atas keputusan ini,” kata Triana.
Virus COVID-19 menjadi titik balik dalam bisnis Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini mengandalkan tayangan di Shopee untuk membangun bisnis mukenanya. Hasilnya luar biasa. Azella Collections berhasil menjual sekitar 1.500 produk dalam kampanye kembar tersebut.
“Ini namanya era digital, kita sebagai UMKM mau tidak mau harus belajar agar bisa berkembang. Akhirnya saya tahu kalau fitur di shopee ada live ads. Bisa live live sampai 7 kali per hari.” kita bisa mencapai ratusan juta per hari 12.12,” ujarnya.
Berkat pertumbuhan bisnisnya, Triana mampu mewujudkan mimpinya dalam menciptakan lapangan kerja bagi 100 karyawannya. Selain itu, ia masih berupaya mewujudkan misinya memberikan dampak positif bagi negaranya dengan mengurangi pengangguran di Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kisah sukses tersebut menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya dan menunjukkan bahwa penggunaan fitur-fitur baru pada sistem e-commerce dapat membawa kesuksesan dan pertumbuhan bisnis. Wakil Perdana Menteri Ribka Haluk menekankan pentingnya teknologi bagi inovasi pemerintah, Wakil Perdana Menteri Ribka Haluk menekankan upaya pemerintah untuk melakukan inovasi penyelenggaraan pemerintahan melalui pemanfaatan teknologi digital. harfam.co.id.co.id 5 Desember 2024