Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S22 Kebagian Update One UI 6.1, Ini Deretan Fitur Barunya!

Read Time:2 Minute, 53 Second

harfam.co.id, Jakarta – Samsung telah merilis pembaruan One UI 6.1 untuk Galaxy S21 dan Galaxy S22 di seluruh dunia.

Pembaruan satu UI sebelum diluncurkan di Korea Selatan. Dan ini normal. Karena perusahaan biasanya meluncurkan pembaruan di negara asalnya terlebih dahulu, maka tidak butuh waktu lama hingga pembaruan tersebut diluncurkan secara global.

Menurut Android Headlines Selasa (14/5/2024), pembaruan ini cukup besar yaitu 3GB (tergantung model handset).

Pembaruan yang diterima pada Galaxy S22 kabarnya akan mendapatkan semua fitur Galaxy S24. Perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa unggulan 2022 tidak akan mendapatkan Instant Slo-mo, Wallpaper Layar Efek Cuaca, dan fitur Super HDR Galaxy S23 juga tidak akan mendapatkan dua fitur terakhir.

Di sisi lain, Galaxy S21 dilaporkan mendapatkan beberapa fitur AI yang hanya tersedia di Galaxy S24. Moderator forum komunitas Samsung baru-baru ini mengatakan bahwa unggulan 2021 akan menampilkan Circle to Search dan Chat Assist.

Ponsel mungkin menerima perubahan dan peningkatan One UI 6.1 lainnya, tetapi tidak jelas apakah pembaruan ini juga akan menghadirkan patch keamanan Mei ke perangkat.

Tak hanya flagship lawas, Samsung juga dikabarkan bakal menggulirkan pembaruan One UI 6.1 ke perangkat kelas menengah.

Mengutip informasi Sammobile Senin (5/6/2024), update One UI 6.1 rencananya akan dirilis untuk lini smartphone lawas seperti Galaxy A53 dan Galaxy S21 FE yang diluncurkan pada tahun 2022, lalu ada Galaxy A54 yang diluncurkan tahun lalu.

One UI 6.1 untuk ketiga smartphone tersebut kabarnya akan tersedia untuk pengguna di Kanada pada 14 Mei 2024. Dengan informasi tersebut, kemungkinan wilayah lain akan mendapatkan update lebih cepat dari tanggal tersebut.

Pasalnya, pengguna di kawasan Eropa cenderung menerima update lebih cepat dibandingkan Kanada dan juga Asia. Namun setidaknya dengan bocoran ini informasi mengenai keberadaan One UI terbaru di perangkat lain juga bisa dicurigai.

Di sisi lain, One UI 6.1 menghadirkan beberapa fitur baru. Termasuk perlindungan terhadap burn-in.

Seperti namanya, perlindungan ini dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan terjadinya burn-in pada layar OLED. Namun pada One UI 6, Samsung diketahui telah menghilangkan kemampuan untuk mencegah burn-in pada OLED.

Cara kerja fitur ini adalah dengan sedikit mengubah posisi ikon di bilah status untuk mencegah layar terbakar jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Pada update sebelumnya, fitur ini tidak hilang karena Samsung masih melakukannya pada bilah navigasi di bagian bawah layar dan saat Always-On Display aktif. Kemampuan ini sekarang kembali ada di bilah status.

Fitur tersebut saat ini baru diuji di Galaxy S23. Belum diketahui apakah perangkat lain yang menerima One UI 6.1 juga akan menerima fitur ini. Namun hampir pasti Samsung akan menghadirkannya ke perangkat lain juga.

Sementara itu, Samsung sedang menguji antarmuka terbarunya, One UI 7, meski perusahaan asal Korea Selatan itu masih mengembangkan dan memperbarui One UI 6.1 ke beberapa produk lama.

Menurut laporan SamMobile yang dikutip Phone Arena, Sabtu (11/5/2024), firmware baru tersebut dilengkapi nomor versi. S928BXXU2BXE2 dan S926BXXU2BXE1 Baru-baru ini muncul di server Samsung di Eropa.

Menurut laporan tersebut, nomor versi yang ditemukan diharapkan menjadi pembaruan One UI 7 yang pertama, karena huruf keempat dari kanan telah berubah dari A menjadi B, yang menandakan bahwa versi terbaru One UI telah mulai diuji.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa pembaruan One UI mulai diluncurkan ke jajaran Samsung Galaxy S24.

Hal ini terlihat dari empat kode standar nomor versi. S928BXXU2BXE2, yang mengacu pada Galaxy S24 Ultra, dan S926BXXU2BXE1, yang mengacu pada Galaxy S24+.

Namun masih terlalu dini untuk mengatakan apa saja yang akan Samsung persiapkan pada pembaruan One UI 7.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Daihatsu Siapkan 71 Bengkel Siaga dan 8 Pos Siaga, Ini Daftar Lokasinya