Sebelum Biaya Servis Membengkak, Kenali 8 Tanda AC Mobil Mulai Bermasalah

Read Time:2 Minute, 18 Second

harfam.co.id, Jakarta – Salah satu komponen penting penunjang kenyamanan berkendara adalah AC mobil. Seperti AC pada umumnya, AC jenis ini juga mempunyai fungsi penting sebagai pengatur suhu.

Namun, bagian ini mungkin mengalami masalah sehingga mengakibatkan kinerja buruk. Jika AC bermasalah, maka suhu di dalam mobil tidak dapat dikontrol dengan baik sehingga Anda bisa merasa kepanasan saat berkendara.

Selain demi kepentingan pengemudi dan kenyamanan penumpang, hal ini juga penting untuk menjaga kondisi berbagai bagian agar tidak tahan berada dalam suhu yang sangat panas.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mewaspadai kerusakan AC, salah satunya dengan memahami berbagai hal yang bisa menjadi tanda-tanda kerusakan.

Berikut beberapa tanda kendaraan AC mulai menunjukkan tanda-tanda keausan yang diberikan oleh Suzuki Indonesia. 1. Suhu di dalam mobil mulai terasa dingin

Tanda pertama dan paling umum yang harus diperhatikan adalah ketika suhu AC mulai agak dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali.

Hal ini akan membuat interior mobil terasa hangat atau panas sehingga tentunya akan mengurangi kenyamanan berkendara. Jika dibiarkan terlalu lama, kompresor bisa semakin rusak. 2. Suhu AC mobil terasa tidak stabil

Bukan hanya suhunya yang tidak dingin, tanda selanjutnya adalah suhu AC terasa tidak stabil. Terkadang kabin mobil terasa seharusnya, namun terkadang AC tidak terasa dan suhu menjadi panas.

Anda harus berhati-hati karena media magnetnya bisa rusak.

Tanda selanjutnya yang harus diwaspadai adalah adanya suara keras dari AC saat dinyalakan. Suara bising tersebut bisa jadi merupakan kompresor yang rusak.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain menambahkan oli pada kompresor atau mengganti bagian piston yang aus. 4. Katup rusak atau tidak tertutup sempurna

Selain itu, kerusakan pada komponen AC juga bisa ditandai dengan katup yang rusak. Penyebab kondisi ini biasanya karena AC jarang dirawat dengan baik, artinya jarang atau tidak pernah dibersihkan.

Jika sudah demikian, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan debu dan berbagai kotoran yang menempel, dan juga perlu dilakukan reset agar bagian tersebut kembali normal. 5. Kompresor Ampere tidak biasa

Tanda kerusakan AC berikutnya bisa dilihat pada ampere kompresor, apalagi jika angkanya terlalu tinggi.

Jika arus listrik kompresor menjadi tidak normal atau terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan masalah pada motor kompresor, bahkan dapat menimbulkan kebakaran.

 

Kompresor yang cepat panas merupakan tanda komponen AC rusak yang patut Anda waspadai. Keadaan ini bisa terjadi karena bagian ini jarang atau tidak pernah dibersihkan. 7. Asap putih keluar dari stopkontak AC

Jika ventilasi AC mengeluarkan asap yang tidak normal, biasanya berwarna putih, maka itu mungkin tandanya ada es yang mengenai evaporator AC. 

Solusi untuk masalah ini adalah pembersihan dengan uap. Namun alangkah baiknya jika dibersihkan 8. Kompresor sudah mulai berkarat

Tanda selanjutnya bisa dilihat dari karatan kompresor AC. Jika Anda sudah mengetahui terdapat karat atau korosi di sana, maka Anda perlu berhati-hati karena karat dapat menyebabkan kinerja AC menjadi kurang maksimal.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 180 Kata Motivasi Bahasa Inggris dan Artinya, Semangat untuk Hadapi Setiap Tantangan
Next post Kabar Terbaru Cita Rahayu, Rilis Album Baru yang Langsung Diproduseri Sang Suami