Sebelum ke Indonesia, Bos Apple Tim Cook Genjot Investasi di Vietnam

Read Time:3 Minute, 10 Second

harfam.co.id, Jakarta – Apple dikabarkan berencana menambah jumlah investasi di Vietnam. Kepastian tersebut diketahui dengan berkunjungnya CEO Apple Tim Cook ke Tanah Air.

Berdasarkan informasi Reuters, Selasa (16/4/2024), Apple menyatakan akan menggelontorkan dana tambahan untuk pemasok komponen di Vietnam.

Saat ini, Apple diketahui mengeluarkan dana sekitar 400 triliun dong atau sekitar 256 triliun rupiah dengan pemasok di rantai pasoknya di Vietnam.

Tak hanya itu, perusahaan juga mengklaim investasinya di Vietnam telah menciptakan sekitar 200.000 lapangan kerja, yang jumlah tersebut berasal dari lapangan kerja langsung, pemasok, dan pengembang aplikasi.

Untuk mewujudkan rencana ini, Vietnam mengatakan akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple.

Sekadar informasi, CEO Apple Tim Cook mengatakan Vietnam telah menjadi pusat manufaktur penting bagi perusahaannya.

Vietnam telah menjadi salah satu negara yang memasok komponen untuk produk Apple tahun 2020.

Saat itu, Foxconn memilih memindahkan komponen iPad dan MacBook dari Tiongkok ke Vietnam. Untuk mengurangi dampak ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Pada tahun 2022, terdapat 22 pemasok komponen Apple di Vietnam. Beberapa vendornya antara lain Luxshare, Foxconn, Compal, dan GoerTek.

Di sisi lain, usai berkunjung ke Vietnam, CEO Apple Tim Cook juga dijadwalkan berkunjung ke Indonesia. Ia disebut-sebut telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

CEO Apple Tim Cook dipastikan berkunjung ke Indonesia. Kepastian ini diketahui dari Menteri Komunikasi dan Informatika. (Menteri Komunikasi dan Informatika) Menteri Komunikasi dan Informatika

Saat ditemui di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (4/4/2024), Menkominfo mengungkapkan Tim Cook akan berkunjung ke Indonesia pada 17 April 2024, salah satu agenda bos Apple tersebut. untuk kunjungan ke Indonesia adalah pertemuan. bersama Presiden Joko Widodo

Berdasarkan informasi yang diterima Kominfo Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Tim Cook akan bertemu dengan Presiden Jokowi pada hari yang sama. Lalu apa saja yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut?

Mengenai hal tersebut Menkominfo tidak membeberkan agenda atau topik yang akan dibahas dalam pertemuan antara Tim Cook dan Presiden Jokowi, menurut keterangannya, kemungkinan salah satu topik yang akan dibicarakan adalah investasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika tidak merinci lebih lanjut mengenai investasi tersebut. Ia hanya mengatakan, pada kunjungan pimpinan Apple kali ini akan ada beberapa kejutan.

“Yang pasti setiap perusahaan besar di Amerika Serikat dan setiap negara di dunia akan melakukan investasi besar-besaran di Indonesia. Tunggu sampai besok, pasti ada kejutannya,” kata Menhub.

Selain bertemu Presiden Jokowi, agenda Tim Cook lainnya saat berkunjung ke Indonesia adalah mengunjungi Apple Developer Academy

Sekadar informasi, Apple Developer Academy merupakan lembaga pemrograman yang bertujuan untuk melatih siswa.

Hingga akhir tahun 2023, Apple Developer Academy di Indonesia telah meluluskan hampir 400 mahasiswa, mahasiswa yang berasal dari kampus di Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Ratusan siswa dikatakan telah menyelesaikan kursus 10 bulan selama uji coba. Mereka mempelajari dasar-dasar pemrograman. Serta keterampilan profesional, desain dan pemasaran.

Dari segi informasi, kunjungan CEO Apple Tim Cook terungkap pada bulan lalu. Tim Cook dikabarkan akan meninjau Apple Developer Academy di Indonesia.

Oh iya, besok tanggal 17 beliau akan datang, kata Menkominfo pada acara Rapat Pasca Halal Bihalal Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta. Namun pada Selasa (16/04/2024), Menkominfo belum membeberkan agenda kapan perusahaan nomor satu Apple itu akan tampil di Indonesia.

Ia hanya menyebut kedatangan Tim Cook akan membawa kejutan. Oleh karena itu, informasi agenda dan rencana pembahasan harus menunggu saat Tim Cook berada di Indonesia.

“Yang pasti setiap perusahaan besar di Amerika Serikat dan setiap negara di dunia akan melakukan investasi besar-besaran di Indonesia. Tunggu sampai besok pasti ada kejutannya,” lanjut Budi Arie.

Ia juga mengatakan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Tim Cook juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Ya, sudah dijadwalkan, kata Menkominfo saat ditanya soal pertemuan bos Apple dan Presiden Jokowi.

Meski belum banyak yang mengetahui agenda Tim Cook datang ke Indonesia. Namun salah satu isu yang diperkirakan akan dibahas adalah investasi.

“Akan ada pengumuman. Kami akan berinvestasi,” kata Menhub. Pernyataan penutup

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jerawat di Mata Bagian Dalam Pria, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya
Next post Lebih dari Sekedar Fisik, Kepribadian yang Jujur Meningkatkan Daya Tarik Seseorang