Siapkan Dana Ratusan Triliun Rupiah, Honda Bakal Bangun Pabrik Kendaraan Listrik

Read Time:1 Minute, 34 Second

harfam.co.id, Jakarta – Honda sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik kendaraan listrik di Kanada senilai $13,9 miliar atau sekitar Rp 217 triliun. Artinya, para pejabat di bidang terkait akan bertemu dengan perwakilan merek Jepang tersebut untuk membahas rencana tersebut.

Menurut Reuters, pembicaraan di Ottawa akan melibatkan beberapa lembaga federal yang berbeda. Hal ini menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut tetapi tidak berwenang untuk berbicara secara langsung.

Honda sendiri menolak berkomentar apakah perwakilannya berencana bertemu dengan pejabat Kanada pada pekan ini. Juru bicara Honda di Tokyo mengatakan belum ada informasi yang diungkapkan saat ini.

Sementara itu, Asia Nikkei melaporkan Honda sedang mempertimbangkan beberapa lokasi potensial untuk pabrik tersebut, termasuk di sebelah pabrik mobil yang ada di Alliston, Ontario.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Honda memperkirakan akan mengambil keputusan pada akhir tahun 2024 dan pabrik baru akan beroperasi pada awal tahun 2028.

“Perwakilan pemerintah federal bekerja sama dengan Honda, serta investor besar potensial lainnya,” kata Audrey Champoux, juru bicara Menteri Perindustrian Francois-Philippe Champagne.

Honda, produsen mobil terbesar kedua di Jepang, secara bertahap meningkatkan penjualan kendaraan listrik. Produsen mobil asal Negeri Matahari Terbit itu bersama mitranya LG Energy Solution telah mengumumkan Ohio sebagai lokasi pabrik baterai bersama pada tahun 2022.

Honda Motor Co., Ltd. bermitra dengan Isuzu Motors Limited untuk menguji truk bahan bakar hidrogen Giga Fuel Cell. Uji coba di Jepang akan berlangsung dari akhir tahun 2023 hingga September 2024.

Tes tersebut dikatakan bertujuan untuk mencapai kemajuan dalam pengumpulan data, pengetahuan, dan mengidentifikasi masalah teknis sebagai persiapan sebelum diluncurkan secara resmi di pasaran pada tahun 2027.

Sebelumnya, pada Januari 2020, Honda dan Isuzu menandatangani perjanjian kerja sama untuk mewujudkan kendaraan yang memiliki kemampuan berkendara jarak jauh, muatan besar, bongkar muat cepat, dan ramah lingkungan.

Model prototipe yang akan diuji di jalan umum sebelumnya telah ditampilkan pada Japan Mobility Show 2023 di Jepang pada Oktober lalu.

Salah satu sifat unik hidrogen adalah kemampuannya menyimpan energi dengan kepadatan tinggi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Waspada, Gerhana Matahari Total Berpotensi Picu Kecelakaan
Next post Penderita Epilepsi Disarankan tak Minum Kopi Berlebihan