Simak 2 Cara Mudah Agar Navigasi di Google Maps Makin Akurat

Read Time:2 Minute, 47 Second

harfam.co.id, Jakarta – Google Maps telah memantapkan dirinya sebagai aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan untuk perangkat Android, menawarkan sederet fitur untuk memenuhi kebutuhan navigasi berbagai pengguna.

Namun, terkadang rasa frustrasi muncul ketika Google Maps kesulitan menentukan lokasi persis Anda.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor terutama koneksi internet dan pengaturan layanan lokasi ponsel Android.

Untungnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan keakuratan layanan lokasi Google Maps. Berikut ulasannya.

Sebelum mempelajari tips tentang cara menyempurnakan Maps, penting untuk memahami cara Google Maps menentukan lokasinya.

Diperoleh dari GizChina, Minggu (3/3/2024), aplikasi ini menggunakan kombinasi beberapa teknologi. Teknologi tersebut meliputi: GPS Terintegrasi: Chipset terintegrasi ini secara langsung mentransmisikan data posisi berdasarkan sinyal satelit, memberikan tingkat akurasi tertinggi di lingkungan terbuka. Jaringan seluler: Dalam situasi ketika penerimaan sinyal GPS lemah, misalnya di dalam ruangan atau di area padat penduduk, Google Maps menggunakan triangulasi pemancar jaringan seluler untuk memperkirakan lokasi Anda berdasarkan pemancar jaringan seluler terdekat, terutama yang tersambung ke ponsel Anda. Wi-Fi: Jika tersedia, Wi-Fi juga dapat berkontribusi pada estimasi lokasi dengan berbagi informasi lokasi dengan perangkat. Hal ini dapat meningkatkan akurasi penentuan posisi berbasis jaringan seluler.

Setelah membaca cara kerja Google Maps, Tekno harfam.co.id akan memberikan cara meningkatkan akurasi Google Maps: Aktifkan mode “Akurasi Tinggi”. Metode ini menggunakan GPS, Wi-Fi, dan jaringan seluler secara bersamaan sehingga menghasilkan penentuan lokasi yang sangat akurat. Kalibrasi kompas: Buka “Pengaturan” di Google Maps, temukan “Tips lokasi yang tepat” dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses kalibrasi. Anda akan diminta untuk menempatkan simbol tak terhingga (∞) di telepon. Lakukan ini untuk meningkatkan keakuratan penunjuk kompas.

Selain menggunakan tips di atas, Anda juga bisa menggunakan teknik lain di bawah ini untuk menyempurnakan Google Maps. Dukungan kamera seluler: Saat menggunakan fitur “Live View”, yang menggunakan augmented reality untuk navigasi, aplikasi mungkin meminta Anda untuk menunjuk ke kamera ponsel di sekitar Anda. Ini membantu Google Maps mengidentifikasi bangunan di sekitar dan meningkatkan akurasi lokasi. Peta Offline: Google Maps menawarkan opsi untuk mengunduh peta offline untuk area tertentu. Fitur ini memungkinkan akses ke fungsi pemetaan dasar bahkan tanpa koneksi internet.

Meskipun langkah-langkah di atas sangat efektif, berikut beberapa tip dan trik lain untuk membantu Anda lebih meningkatkan pengalaman Google Maps. Aktifkan layanan lokasi: Pastikan layanan lokasi diaktifkan di ponsel Android Anda. Buka pengaturan perangkat Anda, temukan “Lokasi” dan aktifkan. Pilih aplikasi yang dapat mengakses lokasi: batasi akses ke aplikasi yang tidak diperlukan untuk penelusuran. Ini membantu menghemat masa pakai baterai dan mencegah masalah privasi. Pembaruan Google Maps: Memperbarui aplikasi secara rutin memastikan Anda mendapatkan peningkatan terbaru dan perbaikan bug yang dapat memperbaiki masalah akurasi lokasi. Gunakan peta online: Mengunduh peta offline sebelum menjelajahi area yang internetnya tidak dapat diandalkan memastikan navigasi tidak terganggu. Penghemat Baterai Nonaktif: Untuk akurasi maksimum, nonaktifkan mode ini sebentar dan pertimbangkan untuk mengaktifkannya kembali nanti. Meningkatkan akurasi penentuan posisi dalam ruangan: Meskipun GPS dalam ruangan bermasalah, Wi-Fi dan Bluetooth mungkin bisa menjadi solusinya. Pastikan keduanya tersedia di ponsel Anda untuk meningkatkan estimasi lokasi. Kalibrasi Giroskop: Seperti kompas, giroskop yang tidak dikalibrasi dengan benar dapat memengaruhi keakuratan arah. Banyak ponsel Android yang menawarkan kalibrasi gyro di menu keyboard. Lihat panduan pengguna ponsel cerdas Anda untuk instruksi lebih lanjut. Rencanakan ke depan: Ketahui rute, landmark, dan kemungkinan jalan memutar sebelum berangkat. Hal ini memungkinkan Anda beradaptasi terhadap perubahan yang tidak terduga, meskipun terkadang tidak berfungsi saat menggunakan Google Maps.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 100 Stoic Quotes on Self-Improvement yang Bijak Banget
Next post Sakit Kepala tak Selalu Harus Minum Obat, Dokter Sebut Ada Cara Lain yang Lebih ‘Aman’