harfam.co.id, JAKARTA – WhatsApp meluncurkan desain baru dengan membawa sejumlah perubahan pada tampilan aplikasi di perangkat Android dan iOS. Salah satunya adalah warna hijau pada logo WhatsApp yang lebih cerah.
“Seiring dengan terus berkembangnya fungsionalitas produk, desain (aplikasi) juga harus berkembang. “Kami ingin produk terasa lebih segar dan modern tanpa mengurangi esensi fungsinya,” kata Kepala Desain WhatsApp Idit Yaniv dalam keterangan tertulisnya, Jumat. (05/10/2024).
Pada versi update ini WhatsApp masih mempertahankan warna hijau sebagai identitas aplikasinya, namun kini desain terbarunya didominasi warna putih. Warna hijau yang terdapat pada teks WhatsApp kiri atas kini lebih cerah dibandingkan warna hijau versi sebelumnya.
Selain logo WhatsApp, warna hijau juga muncul pada ikon Chats, Updates, Communities, dan Calls. Dalam mode gelap, WhatsApp menggunakan warna hitam yang lebih gelap agar lebih mudah dilihat dalam kondisi minim cahaya.
Belakangan, WhatsApp juga memperkenalkan desain ikon baru dan karya seni latar belakang di bagian obrolan.
Bilah navigasi di aplikasi WhatsApp Android kini telah dipindahkan ke bawah, sengaja dirancang lebih dekat dengan ibu jari pengguna untuk memberikan navigasi yang lebih cepat dan alami.
Sementara itu, untuk iOS, tampilan pada bilah lampiran dapat diperbesar sehingga memungkinkan pengguna melihat fitur ini lebih jelas ketika ingin mengirim gambar, dokumen, lokasi, dll.
WhatsApp versi baru memperkenalkan fitur filter obrolan yang memungkinkan pengguna menemukan percakapan lebih cepat. Selain menampilkan seluruh percakapan, fitur ini akan mengelompokkan percakapan yang belum dibaca dan percakapan grup di bagian atas.
“Kami selalu terinspirasi dengan cara orang menggunakan WhatsApp dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan akan terus mengembangkan teknologi yang membantu mereka tetap terhubung,” tulis Idit.