Spesifikasi Rudal Bavar-373 Iran, Diklaim Mampu Kalahkan Jet Siluman AS

Read Time:1 Minute, 32 Second

IRAN – Rudal Bavar-373 Iran telah dimodernisasi. Setelah diperkenalkan beberapa pekan lalu, senjata ini bakal mampu melumpuhkan pesawat tempur andalan F-35 Amerika.

Bavar 373 sebagian besar diproduksi oleh Iran sejak 2019. Sejak dirilis, sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh ini langsung dibandingkan dengan sistem rudal S-300 Rusia dan Patriot Amerika.

Iterasi terbaru Bavar 373 diluncurkan oleh Iran saat parade militer pada 17 April 2024. Debut senjata ini dimulai pada 14 April 2024, di tengah ketegangan antara Iran dan Israel.

Rudal ini juga digunakan TNI AU dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) saat latihan pertahanan udara pada Oktober 2020.

Spesifikasi rudal Bavar-373 Iran

Bavar 373 adalah sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara jarak jauh yang terdiri dari sistem peluncuran vertikal dan dua radar anti-rudal.

Rudal ini memiliki fungsi siluman yang memungkinkannya mendeteksi target tersembunyi dengan penampang radar yang sangat rendah.

Sistem rudal Iran ini dapat dipersenjatai dengan tiga jenis rudal yang dirancang untuk menetralisir target pada ketinggian berbeda. Itu dapat mendeteksi hingga 100 target.

Bavar-373 Iran memiliki jangkauan deteksi maksimum 320 km dan jangkauan pelacakan 260 km. Sistem ini dapat memburu target hingga jarak 200 km dan ketinggian maksimum 27 km.

Bavar-373 menggunakan sistem komunikasi Rasoul yang canggih untuk menyandikan informasi dan mengirimkan informasi radar dari medan perang ke pusat komando.

Sedangkan kendaraan sistem ini adalah kendaraan berat Zol-Jannah. Zol-Jannah merupakan truk pengangkut roda sepuluh yang mampu melintasi perairan hingga kedalaman 1,5 meter.

Baca juga: Rudal Bavar 373 Iran Mampu Melacak Pesawat Tempur F-35

Kendaraan asal Iran ini dilengkapi sistem suspensi independen dengan kapasitas angkat maksimal 30 ton. Radar serta peralatan komando dan kendali dipasang pada truk angkut Zafar 8×8 dengan kapasitas muat 24 ton.

Inilah spesifikasi sistem rudal Bavar-373 Iran yang diyakini mampu menetralisir pesawat siluman Amerika. Dari segi spesifikasi, sistem rudal ini dibekali banyak teknologi canggih.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Deretan Ubahan Mesin Yamaha Lexi 155 Dibanding NMax dan Aerox
Next post Jago Memasak, Koki Cilik dari Tiongkok Pukau Warganet dengan Keterampilan di Dapur