December 21, 2024
STEAM Expo 2024, Dorong Lahirnya Inovator Muda Baru Melalui Pendidikan Inspiratif dan Berkualitas

STEAM Expo 2024, Dorong Lahirnya Inovator Muda Baru Melalui Pendidikan Inspiratif dan Berkualitas

0 0
Read Time:2 Minute, 45 Second

harfam.co.id – Sampoorna Academy berkomitmen membuka pintu menuju masa depan yang inovatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan STEAM yang inspiratif dan berkualitas.

STEAM yang terinspirasi dan berkualitas salah satunya melalui perayaan STEAM Expo 2024 yang akan diselenggarakan serentak di seluruh Sampurna Academy di Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya dan Medan.

Acara ini merupakan platform untuk menampilkan karya mahasiswa yang peka terhadap kebutuhan dan konteks, seperti isu keberlanjutan budaya dan arsitektur, serta untuk mendorong lahirnya inovator muda yang potensial.

Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) merupakan suatu cara untuk mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan dalam berbagai ilmu untuk memotivasi dan membantu siswa berpikir lebih luas dan langsung. Terapkan pada masalah kehidupan nyata. 

Pendekatan penuh Academy STEAM dirancang untuk memperkuat lima komponen utama siswa yang disebut 5C (Berpikir Kreatif, Komunikasi, Kolaborasi, dan Karakter) yang memberdayakan siswa untuk menjadi inovator dan pemecah masalah masa depan. 

Mary Jane Luyon-Fajardo, Kepala Sekolah Samporna Academy Medan Citra, menjelaskan acara tahunan tersebut merupakan wadah untuk menampilkan perkembangan pembelajaran siswa. 

Program ini sejalan dengan visi seluruh akademi untuk terus mempercepat pengembangan pemimpin masa depan yang kreatif, bijaksana dan pembelajar sepanjang hayat yang mampu memecahkan masalah, kata Mary. 

“Kegiatan ini dijadikan ajang bagi siswa untuk mengaplikasikan ilmu dan berinovasi pada jam sekolah. Tahun ini siswa menciptakan karya berbasis STEAM yang berkaitan dengan kebutuhan dan situasi seperti keberlanjutan, seni dan budaya.” Selasa 5 Maret 2024 Pernyataan Arsitektur.

Program ini diselenggarakan oleh Sampoorna Academy untuk menginspirasi generasi muda masa depan melalui pengalaman pribadi dalam konteks pendidikan dan lingkungan sekolah.

Mary Jane mengatakan: “Kami berharap penyelenggaraan STEAM Expo 2024 dapat menginspirasi lebih banyak anak untuk menjadi inventor muda yang peka terhadap keadaan di sekitar mereka, sehingga menjadi generasi penerus yang mampu mewujudkan “masa depan yang lebih baik”.

STEAM Expo 2024 bertema ‘Build, Create & Innovate’ diadakan pada 1-2 Maret 2024 di seluruh Sampurna Academy di Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya dan Medan. 

Untuk Complete Academy Medan Citra, terdaftar 201 tugas, dengan highlight proyek termasuk Generator Van de Graaf, Penanam Otomatis, Meriam Vortex, Cermin Ilusi Optik, dan Generator Energi Mini.

Direktur Program Sains Sampoorna Academy Alia Muhammad Samaha menjelaskan proses pendampingan guru kepada peserta proyek STEAM. Guru memberikan dukungan penuh kepada siswa dalam proses pengembangan proyek. Topik proyek dapat diidentifikasi 

“Kami mendorong siswa untuk peka, bijaksana, dan kreatif dengan melihat permasalahan dari sudut pandang berbeda berdasarkan situasi saat ini. Siswa kemudian akan menganalisis dan mengamati sehingga mereka dapat berinovasi untuk memecahkan masalah di masa depan. Kami terus mengevaluasi proyek, demikian jelas Samaha siswa tersebut. dapat disajikan dengan sangat baik.

Sejalan dengan misinya untuk mendukung pengembangan inovator muda di masa depan, acara ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai program Pusat Prestasi Nasional dan berbagai ajang olimpiade untuk menggali talenta-talenta muda di Indonesia. STEAM Learning dan STEAM Expo 2024 akan diselenggarakan oleh Sampoorna Academy Sumatera Utara,” kata Syhdian, Ketua BPMP Pembelajaran dan Kelompok Kerja Inovasi yang dapat menjadi pemimpin masa depan. , UPT Kemendikbudristek R.I.

Dalam rangkaian acaranya, Sampoorna Academy juga memperkenalkan STEAM Inter-School Competition 2024 yang memberikan kesempatan kepada siswa dari sekolah lain untuk berpartisipasi dan berkompetisi menggunakan metode STEAM.  Dengan mendobrak egosistem, LAN menciptakan ekosistem pembelajaran bagi para profesional, ASN Mohammad Taufiq menjelaskan, pengembangan kapasitas akan dilakukan melalui ekosistem pembelajaran ini bekerja sama dengan harfam.co.id.co.id pada 19 November 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link