Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya

Read Time:1 Minute, 26 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Seiring dengan semakin dekatnya kehidupan kita dengan dunia internet, bukan rahasia lagi jika ketergantungan kita terhadap ponsel pintar semakin meningkat. Namun hal ini dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti terus-menerus menelusuri media sosial atau terpaku pada layar kecil selama berjam-jam.

Diberitakan CNET, Selasa (30/4/2024), terpaku pada ponsel tidak hanya berdampak pada daya ingat dan konsentrasi, tapi juga berdampak negatif pada hubungan di kehidupan nyata. Misalnya, jika setiap orang memiliki ponselnya sendiri saat makan malam, hal itu mungkin menyita waktu yang dihabiskan bersama.

Profesor Juliana Schroeder dari Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat (AS), mengatakan manusia tidak dirancang untuk melakukan banyak tugas dengan cara seperti itu.

“Ini menghilangkan fokus dari hubungan offline,” kata Schroeder.

Jelas sekali, waktu menatap layar mempunyai dampak yang semakin besar terhadap otak anak-anak dan orang-orang rentan yang masih dalam masa pertumbuhan. Instagram memicu kemarahan di kalangan aktivis anak ketika mengumumkan rencana meluncurkan platform untuk anak di bawah 13 tahun pada tahun 2021. Ini adalah upaya yang akhirnya dibatalkan oleh perusahaan.

Perusahaan induknya, Meta (saat itu Facebook), mendapat kecaman ketika para penelitinya menemukan bahwa Instagram “merugikan banyak pengguna muda, terutama remaja perempuan.” Pesaing TikTok juga mendapat banyak kritik karena menampilkan konten berbahaya.

Meskipun bagian “Untuk Anda” pada aplikasi berfungsi dengan baik dalam mengidentifikasi minat pengguna, bagian ini juga berfungsi dengan baik dalam membuat Anda tetap berinteraksi selama berjam-jam. Antarmukanya dirancang seolah-olah Anda sedang menjelajah.

Android dan iOS memiliki alat Durasi Layar untuk membantu Anda mengurangi waktu yang dihabiskan pada aplikasi favorit Anda. Perusahaan media sosial telah menerapkan langkah-langkah keselamatan dan kesehatan mental untuk mencegah kritik, seperti menyembunyikan suka di Instagram atau membatasi waktu pemakaian perangkat remaja di TikTok secara default.

TikTok menggunakan kombinasi…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Kalkulator AI Bisa Memprediksi Kematian Manusia