Sumur Berusia Ribuan Tahun Ungkap Sejarah Kerajaan China

Read Time:1 Minute, 31 Second

JAKARTA – Para arkeolog Tiongkok menemukan sebuah sumur kuno yang berusia 1.700 tahun. Sumur ini diyakini milik zaman Tiga Raja.

Sumur kuno tersebut akan mengungkap beberapa rahasia dari periode Tiga Kerajaan (220-280 M), demikian dilansir situs SCMP, Senin (15/4/2024). Kepercayaan ini bermula dari artefak yang ditemukan di kawasan sumur, antara lain 10.000 batang bambu.

Artefak ini, ditemukan di provinsi Hunan, Tiongkok, menggambarkan reformasi birokrasi Dutu. Selama ini, Duoku dikenal sebagai pusat pemerintahan pada zaman Wu.

Menurut siaran pers dari Departemen Arkeologi Akademi Ilmu Sosial Tiongkok, partisipasi rumah tangga dalam penelitian; pengumpulan pajak; pertanian Termasuk informasi tentang pertambangan dan bisnis lainnya.

Tablet bambu, atau shandu, telah dikenal sebagai media utama untuk menulis selama ribuan tahun, dan penggaliannya telah terbukti menjadi sumber yang sangat berharga untuk memahami sejarah Tiongkok. Para arkeolog telah menemukan lebih dari 300.000 bambu hingga saat ini.

Fragmen ditemukan di dua sumur, salah satunya ditemukan lebih baik dari yang lain. Para arkeolog percaya bahwa tablet tersebut berasal dari “tahun pertama Jiahe” atau “tahun kelima Jiahe”, seperti yang ditunjukkan pada cap waktu. Jiahe adalah nama yang diberikan kepada Sun Quan (222–229 M) pada tahun 222 ketika ia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari saingan Wu, Wei. Sebelumnya, Wu memerintah Provinsi Wei selama dua tahun.

Kerajaan Wu mulai mendeklarasikan kemerdekaan dari saingannya, Wei; Tiga lainnya—Tin Shu—berasal dari Tiga Kerajaan, yang ditentukan oleh persaingan antara tiga raja untuk menguasai seluruh Tiongkok.

Periode ini ditandai dengan peperangan terus-menerus antara Tiga Kerajaan, berakhir hanya ketika Sima Yan memimpin Kerajaan Wei, mendirikan Dinasti Qing, dan akhirnya merebut ibu kota Wu.

Era Tiga Kerajaan tergolong singkat menurut standar sejarah Tiongkok, hanya berlangsung selama 60 tahun. Dinasti Zhou (1046 SM hingga 256 SM) merupakan dinasti terpanjang. Itu berarti 790 tahun. Paling singkat pada masa Qin (221 SM hingga 206 SM), hanya 15 tahun.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 120 Quotes Wedding untuk Pasangan Baru yang Bijak dan Menginspirasi
Next post Deretan Ubahan Mesin Yamaha Lexi 155 Dibanding NMax dan Aerox