December 21, 2024
Telkom Hadirkan Platform OCA untuk Bantu Perusahaan Implementasikan Strategi CRM

Telkom Hadirkan Platform OCA untuk Bantu Perusahaan Implementasikan Strategi CRM

0 0
Read Time:2 Minute, 2 Second

harfam.co.id, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Melalui Leap Telkom, Tbk menawarkan platform omni-channel bernama Omni Communication Assistant (OCA) untuk membantu perusahaan di Indonesia menerapkan strategi manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Platform ini dapat melacak interaksi pelanggan dan mengumpulkan data dan informasi terkait. OCA dapat memantau komunikasi bisnis-ke-pelanggan melalui panggilan telepon, pesan teks, atau panggilan video. Informasi ini dapat digunakan secara langsung untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan sehingga perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih personal dan relevan.

Executive Vice President Telkom, Digital and Business Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan Telkom terus berupaya membantu dunia usaha memahami kebutuhan pelanggan.

“Melalui OCA, Telkom berupaya membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk lebih memahami pelanggannya sesuai dengan kebutuhan, kedekatan pribadi, dan kepuasan dapat membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Melalui pemanfaatan OCA dapat menjadi strategi manajemen hubungan Budi Aryasa . “Pelanggan yang ditetapkan oleh perusahaan lebih baik.”

Boddy menjelaskan, OCA dapat mengintegrasikan data pelanggan ke dalam sistem CRM perusahaan untuk analisis lanjutan dengan menganalisis pola interaksi pelanggan dan data lainnya. Analisis ini juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai perilaku pelanggan dan meningkatkan strategi layanan.

Ini bukan satu-satunya manfaat OCA, kata Buddy, namun OCA memudahkan dalam menjadwalkan pertemuan atau bekerja dengan klien. Dengan berintegrasi dengan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), perusahaan dapat secara otomatis menyinkronkan jadwal pertemuan dengan informasi kontak pelanggan dan mengirimkan pengingat sebelum pertemuan.

OCA dapat digunakan sebagai saluran komunikasi untuk menangani keluhan dan permintaan pelanggan. Melalui pesan teks atau panggilan telepon, pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan untuk menyampaikan kekhawatiran atau permintaan mereka. Sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) dapat digunakan untuk memantau keluhan ini dan menanggapinya dengan tepat dan efektif.

Sebagai operator terminal yang menyediakan layanan peti kemas dengan sistem jaringan antar pelabuhan, PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) telah melihat manfaat yang ditawarkan oleh OCA. Dengan menggunakan platform OCA, IPC TPK mampu menciptakan sistem komunikasi yang dapat menangani keluhan pelanggan dengan lebih cepat, termasuk pembuatan sistem pelaporan yang memudahkan analisis tren keluhan yang dihadapi tim pelanggan.

Terbukti IPC TPK mampu menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan hingga 233% lebih banyak dalam satu hari dibandingkan sebelumnya.

OCA juga dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan, misalnya dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang preferensi pelanggan atau riwayat pembelian untuk mengembangkan pesan atau rekomendasi produk.

Tidak hanya OCA, Telkom Digital Leap juga mencakup banyak produk dan layanan digital Telkom lainnya yang dapat ditemukan di https://leap.digitalbisa.id/our-product.

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link