November 14, 2024
Telkomsel Uji Coba Biometrik dalam Registrasi Prabayar untuk Tingkatkan Keamanan Data Pelanggan

Telkomsel Uji Coba Biometrik dalam Registrasi Prabayar untuk Tingkatkan Keamanan Data Pelanggan

0 0
Read Time:2 Minute, 22 Second

harfam.co.id, Jakarta – Telkomsel memperkuat keamanan dan keaslian sistem registrasi kartu SIM prabayar dengan menerapkan keamanan biometrik. Teknologi ini diterapkan untuk mempermudah proses registrasi kartu prabayar dan pergantian kartu menggunakan mesin otomatis Telkomsel, MyGrapari dan Grapari Online.

Jadi, layanan Telkomsel saat Anda berlangganan pelanggan prabayar bisa aman, cepat dan efisien. Langkah ini tidak hanya membuat autentikasi pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat, namun juga memperkuat perlindungan data pribadi.

Sebagai informasi, dari segi keamanan, sejak MyGrapari diluncurkan pada tahun 2015, Telkomsel secara bertahap menerapkan teknologi eKTP dan pemindaian sidik jari untuk melakukan autentikasi pelanggan, saat mengganti kartu SIM.

Saat ini, teknologi biometrik diharapkan dapat melengkapi sistem otentikasi yang sudah ada. Dalam hal ini menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga, sehingga memberikan pengalaman pendaftaran yang aman, cepat dan nyaman.

Direktur Utama Teknologi Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Wayan Toni Supriyanto menyatakan dukungannya terhadap rencana dan kesiapan Telkomsel menerapkan teknologi pengenalan wajah pada saat registrasi kartu prabayar.

Wayan mengatakan: “Setiap penyedia layanan telekomunikasi wajib menerapkan prinsip Know Your Customer (KYC) untuk melindungi informasi pribadi pelanggan. Kami berharap melalui identifikasi tatap muka permasalahan teknologi terkait verifikasi identitas dapat teratasi. “

Ia yakin apa yang dilakukan Telkomsel bisa dilakukan oleh seluruh penyedia layanan telekomunikasi.

Sementara itu, Sales Manager Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan Telkomsel termasuk yang pertama menguji registrasi kartu pembayaran menggunakan teknologi biometrik.

“Teknologi biometrik ini tidak hanya memudahkan registrasi, tetapi juga mendukung penerapan standar Know Your Customer (KYC) yang diterapkan oleh operator telekomunikasi, untuk memastikan data pelanggan berharga,” kata Sigit.

Selain itu, menurutnya, penerapan pengenalan wajah pada registrasi kartu pembayaran juga dapat mengurangi risiko penipuan dan penyalahgunaan identitas pelanggan yang umum terjadi di era digital.

Sekadar informasi, tes ini dilakukan di Grapari Online dan MyGrapari. Pelanggan dapat mendaftarkan kartu pembayaran dan mengganti kartu dengan mudah dan aman melalui keamanan.

Sistem pengenalan wajah ini bekerja dengan cara memverifikasi identitas pelanggan melalui pemindaian wajah yang sesuai dengan informasi warga Dukcapil. Setelah menggunakan pengenalan wajah dicatat pada saat pendaftaran untuk memastikan bahwa pelanggan yang terdaftar adalah pemilik ID yang valid.

Mengadopsi teknologi terkini

Telkomsel juga menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pelanggan.

Komitmen tersebut tidak hanya dicapai melalui inovasi seperti MyGraPARI dan GraPARI Online yang memungkinkan pelanggan melakukan berbagai aktivitas secara mandiri.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan Virtual Assistant Veronika yang dilengkapi teknologi AI. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, memberikan pelayanan yang nyaman kapanpun dan dimanapun.

Melalui solusi berbasis teknologi ini, Telkomsel terus memastikan setiap pelanggan mendapatkan layanan yang personal, responsif, dan komprehensif. 

“Dengan penerapan teknologi biometrik face recognition, Telkomsel berharap inovasi ini dapat meningkatkan akurasi proses registrasi kartu SIM dan efektif melindungi dari penyalahgunaan data pelanggan,” kata Sigit.

Selain itu, teknologi ini juga diyakini mampu mencegah penipuan dan aktivitas ilegal, seperti perjudian.

“Kedepannya dengan penerapan teknologi terkini, kami berharap dapat berperan signifikan dalam mendukung keamanan informasi pelanggan dan mengurangi risiko kejahatan digital,” kata Sigit.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link