Terkuak, Alasan Orang Suka Lapar Lihat Konten Makanan di Media Sosial

Read Time:1 Minute, 40 Second

JAKARTA – Seringkali berbagai topik seputar makanan tiba-tiba muncul di feed media sosial Anda. Apalagi saat Anda menonton video makanan di malam hari, kedengarannya sangat menarik.

Konten seperti review makanan dan mukbang bisa memicu rasa lapar tanpa disadari. Awalnya saya menontonnya untuk iseng, namun akhirnya tergoda untuk makan berlebihan karena terpesona dengan makanannya.

Dilansir Healthline, Senin 12 Februari 2024, dr. Mirelle Serli menunjukkan bahwa beberapa orang tiba-tiba merasakan rasa lapar setelah melihat makanan.

Konsep muckbang berkisar pada konten makanan dan ASMR atau suara-suara menggoda yang memberikan efek psikologis bagi penontonnya.

“Bentuk visual makanan memicu respons dopamin di wilayah otak,” kata Dr. Mirelle Searly.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa memvisualisasikan makanan tinggi lemak dan gula meningkatkan hormon dopamin lebih besar dibandingkan jenis makanan lainnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh memori rasa yang terekam di otak saat makanan disantap.

Jadi Anda bisa menciptakan kenangan akan rasa makanan sambil melihatnya. Maka setelah mencermati topik ini, tidak heran jika tubuh seringkali merasa lapar dan tanpa sadar kebingungan saat makan atau mengalami peningkatan jumlah makanan.

“Kekuatan respons memprediksi ukuran makanan berikutnya. Mengonsumsi makanan tidak sehat secara berulang-ulang memengaruhi jaringan otak, menyebabkan mengidam dan makan berlebihan,” kata Dr. Mirelle Serli.

Merek makanan sering menggunakan taktik psikologis semacam ini untuk meningkatkan penjualan melalui iklan media sosial. Penonton tergoda untuk memvisualisasikan makanan yang dilihatnya sehingga meningkatkan keinginan mereka untuk membeli dan memakannya.

Selain itu, ketika Anda melihat kandungan makanan yang Anda sukai, hormon manusia dopamin akan dilepaskan, yang menghasilkan perasaan senang. Selain itu, media sosial dapat memengaruhi pola makan dan gaya hidup yang Anda coba.

Semakin sering Anda terpapar jenis konten dengan gaya hidup tidak sehat, maka akan semakin berdampak pada kesehatan Anda, begitu pula sebaliknya.

“Kandungan junk food mengaktifkan sistem dopamin di otak sehingga menimbulkan perasaan senang,” ujarnya. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pesta Rakyat “Menyongsong Peluang dan Tantangan Gen-Alpha di Era Digital” Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pesta Rakyat dengan tema “Menyongsong Peluang dan Tantangan Gen-Alpha di Era Digital”. harfam.co.id.co.id 1 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Fitur WhatsApp Ini Sulit Dibobol, Bisa untuk Selingkuh hingga Kejahatan
Next post Babe Cabita Meninggal Dunia di Usia 34 Tahun, Rekan-rekan Selebriti Tak Menyangka