Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Berpuasa, Bisa Pakai Bahan Alami

Read Time:2 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Jakarta Saat bulan puasa, salah satu keluhan terbesar adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Berbeda dengan area kulit lainnya, bibir kekurangan kelenjar minyak dan keringat yang menjaga kelembapannya.

Mengutip Arabian News, kulit bibir kita 15 kali lebih tipis dibandingkan kulit tubuh kita sehingga memerlukan perawatan dan perlindungan khusus, terutama saat bulan Ramadhan, saat kadar cairan berada pada titik terendah.

Selain itu, kebanyakan orang tidak menyadari betapa seringnya mereka menjilat bahkan mengelupas kulit bibir tanpa memikirkan apa sebenarnya yang membuat kulit bibir kering.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bibir kering, dan mengendalikan faktor-faktor tersebut dapat membantu mengatasi dan mencegah bibir pecah-pecah. Berikut cara mencegah bibir pecah-pecah saat puasa.

1. Minum banyak air

Cara terbaik mengatasi bibir pecah-pecah dan kering adalah dengan memperbanyak asupan air saat berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air sehari akan membuat bibir halus dan mencegah kekeringan.

Dehidrasi menjadi penyebab utama bibir pecah-pecah. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh menarik air dari area tertentu untuk memastikan hidrasi sel. Hal ini bisa menyebabkan bibir Anda menjadi kering

Cara membasahi bibir dengan air liur ini justru membuat bibir semakin kering. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi menjilat bibir secara terus-menerus akan menghilangkan minyak alami kulit.

Gunakan lip balm sebagai gantinya untuk menutrisi dan menenangkan bibir kering.

Carilah lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan seperti minyak, lanolin, lilin lebah, dan ceramide.

3. Gunakan masker bibir

Seperti halnya masker wajah, masker bibir juga mudah digunakan dan mengandung bahan pelembab seperti asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E.

Gunakan daun berbentuk bibir di mulut Anda selama 10 menit. Kemudian buka tutupnya dan biarkan sisa serum menyerap ke dalam kulit untuk bibir lebih halus.

Bibir pecah-pecah ditutupi oleh lapisan kulit kering, sehingga bahan penyembuh lip balm tidak dapat mencapai area yang tepat. Anda bisa menggunakan scrub bibir dengan gula atau soda kue untuk mengelupas kulit kering ini dengan lembut.

Pengelupasan bibir membuat bibir Anda lebih lembut dan lembap tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu dan gula. Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dalam jumlah yang sama, lalu oleskan campuran tersebut secara lembut ke bibir Anda.

5. Gunakan pelembab

Udara kering dapat menghilangkan kelembapan pada kulit, termasuk bibir. Cobalah menempatkan pelembab udara di kamar Anda selama bulan suci untuk menambah kelembapan yang sangat dibutuhkan udara guna menjaga kelembapan bibir Anda.

Berikut beberapa pengobatan alami yang efektif untuk bibir pecah-pecah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, menurut Medical News Today: Aloe Vera: Mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan zat anti inflamasi yang dapat menenangkan dan melembabkan kulit yang rusak. Minyak Kelapa: Terbuat dari ampas kelapa, minyak ini melawan peradangan dan bersifat emolien, yang berarti menenangkan dan melembutkan kulit. Madu: Madu sangat melembapkan, sehingga merupakan perawatan yang baik untuk bibir kering. Mentimun: Mentimun dapat melembabkan bibir dengan lembut, mungkin vitamin dan mineral yang dikandungnya dapat memperbaiki penampilan bibir. Teh hijau: Mengandung polifenol yang dapat mengurangi peradangan. Rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut pada bibir Anda untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering berlebih.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital
Next post Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan