Tips Seputar Ban Mobil untuk Persiapan Perjalanan Libur Nataru

Read Time:1 Minute, 42 Second

harfam.co.id, Jakarta – Libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) menjadi waktu yang tepat bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan jauh bersama keluarga.

Tentu saja pengaturan harus dilakukan agar perjalanan aman dan nyaman, terutama saat musim hujan yang menyebabkan jalanan licin, longsor, dan terbatasnya jarak pandang pengemudi.

Berikut beberapa tip Michelin untuk perjalanan jalanan Natal: Bepergianlah di jalan basah bersama Anda.

Pengurangan kecepatan merupakan hal yang perlu dipikirkan dan dipraktikkan oleh pengemudi saat berkendara di tengah hujan. Mengurangi kecepatan membuatnya lebih mudah dilihat.

Pilih jenis ban yang tepat. Jalan basah mengurangi traksi ban dan meningkatkan jarak pengereman.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih jenis ban dengan traksi terbaik di medan basah dan fungsi pengereman pendek, kata M. Fachrul Rozi, Client Engineering Assistant PT Michelin Indonesia. Periksa keausan ban

Periksa keausan ban. Pastikan ban dalam kondisi baik (tidak habis) jika berencana membawanya dalam perjalanan jauh. Pengawasan oleh ahlinya sangat dianjurkan.

Jika Anda hanya ingin mengganti kedua ban saja, pastikan dipasang di bagian belakang untuk mengurangi risiko kehilangan kendali akibat aquaplaning.

 

Periksa tekanan ban pada keempat ban dan ban serep. Lakukan ini untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan ban.

Saat memeriksa tekanan, perhatikan komponen beban kendaraan (jumlah penumpang dan barang bawaan). Pastikan tekanan ban sesuai dengan petunjuk pabrikan, yang dapat ditemukan di kolom pintu pengemudi atau tutup bahan bakar. Jaga jarak Anda.

Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Karena jarak pandang memburuk saat hujan, pengemudi harus menambah jarak antar kendaraan.

Pada ban basah, jarak pengereman mungkin lebih panjang karena lemahnya sistem pengereman atau berkurangnya traksi ban. Hal ini membuatnya semakin penting untuk memperhatikan jarak aman.

Kendaraan bisa tergelincir atau berputar jika air di antara ban dan jalan tidak dikuras dengan cukup cepat.

“Anda bisa memilih ban yang memiliki handling terbaik saat berakselerasi dengan andal di tanah basah dan mengalirkan air dengan cepat agar tidak terjatuh ke air,” kata Fakhrul Rozi.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, periksalah kendaraan secara menyeluruh, misalnya. B. Tentang minyak rem, kampas rem, tisu muka dan alat keselamatan seperti segitiga pengaman, senter, kotak P3K beserta isinya, serta alat pemadam api portabel.

Sumber: Otosia.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Marc Marquez Kehilangan Uang Pribadinya Setelah Resmi Masuk Ducati
Next post Goliath, Katak Terbesar di Dunia Terancam Punah