UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Read Time:4 Minute, 36 Second

Surakarta – Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (Puslitdesbangda) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS melalui Universitat Sibelas Marit (UNS) Surakarta Trust Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menerima pelaksanaan program Desa Baru BRILiaN 2024. .

Dalam keterangan tertulis yang diterima harfam.co.id Edukasi, pada Selasa, 23 April 2024, diadakan upacara pembukaan Gelombang 1 secara hybrid yang diikuti oleh Banjarmasin, Palembang, Makassar, Padang, Pekinbaru, Medan dan 473 desa di Bandar Lampung. Wilayah pada Senin, 22 April 2024.

Rangkaian sesi yang diikuti oleh peserta, pembukaan kegiatan dengan pemaparan laporan kegiatan oleh Dr. Muhammad Hendri Nuriadi, Ph.D bidang Ilmu Teknik Puslitdesbangda LPPM UNS, melanjutkan sambutan PT. BRI diresmikan oleh Kepala Departemen Kewirausahaan dan Inkubasi Sosial dan terakhir sambutan dan pembukaan dari Prof. Fitria Rahmavati, SC, MC selaku Presiden LPPM UNS mewakili Rektor UNS

Sambutan Kepala Departemen Kewirausahaan dan Inkubasi Sosial BRI, “Launch New Berlin Village 2024 Batch 1”, oleh Andika Arif Rahmonsia. Sebagai bank yang fokus pada segmen Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), peran BRI tidak hanya sekedar intermediasi keuangan, memberikan nilai ekonomi, tetapi juga aksi pemberdayaan keduanya, kata Indica. Aktivis Bisnis Perorangan dan Pemberdayaan Kelembagaan.

Pemberdayaan pedesaan merupakan permasalahan yang perlu mendapat perhatian, mengingat pembangunan pedesaan di Indonesia relatif belum merata. Hal ini tercermin dari desa-desa yang tergolong desa maju dan mandiri menurut Indeks Pembangunan Desa (IDM) tahun 2023, hanya terdapat 74.424 desa yang merupakan <46% dari total jumlah desa.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka sejak tahun 2020 BRI hadir dan berpartisipasi dalam pembangunan desa melalui program “BRILiaN Deha”. Program BRILLIANT Village merupakan program inkubasi pedesaan yang bertujuan untuk menciptakan role model dalam pembangunan pedesaan, menerapkan praktik terbaik dalam kepemimpinan dan mengoptimalkan potensi pedesaan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Desa-desa yang masuk dalam program “Desa Bersinar” diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi pembangunan desa, sehingga dapat terulang di desa-desa lainnya. Hingga saat ini, terdapat 3.178 desa yang terlibat dalam program “Desa Cemerlang” yang aktif bergerak menuju inovasi dan berkomitmen melaksanakan program yang telah direncanakan.

Desa BRILIAN fokus pada pengembangan 4 aspek utama di desa yaitu BUMDES sebagai mesin perekonomian desa; Digitalisasi, implementasi produk dan aktivitas digital di pedesaan; Mantap, tangguh dan mantap dalam membangun desa; Dan inovasi, kreativitas dalam pembangunan inisiatif pedesaan.

Dalam rangka penguatan perangkat desa (kepala desa), pengurus Bomdus, badan pembina desa, penggiat usaha desa, dan penggiat produk desa (Perkad). “Kami berharap kegiatan yang sangat bermanfaat ini dapat menarik seluruh elemen utama pembangunan ekonomi pedesaan secara besar-besaran. Berdasarkan pengalaman yang ada, bisa dilakukan di balai desa, di kantor desa, bergabung dengan BUMDes. di kantor kami atau bahkan di kantor unit BRI kami,” jelas Indika Arif Rahmonsia.

Desa Brillin benar-benar desa yang penuh prestasi dan inspirasi, desa yang tanggap, tangguh dan inovatif di masa dan pasca pandemi dan patut ditiru oleh desa-desa lainnya.

Sekadar informasi, dapat kami sampaikan bahwa ini adalah tahun kelima diselenggarakannya Desa Berlin. Tahun ini kami akan melanjutkan program Desa Berlin yang telah kami bagi menjadi 3 (partai) dengan tujuan untuk 1.000 dari seluruh tanah air. Indonesia, desa pesertanya,” ujarnya.

Penguatan ekosistem desa juga didukung oleh program penguatan kelompok usaha kecil (cluster) di desa bernama My Life Cluster, dimana BRI menjawab kebutuhan pemberdayaan melalui pelatihan usaha dan bantuan infrastruktur yang kami berikan secara selektif pada musimnya.

Kemudian, untuk mendukung pasar pedesaan, BRI meluncurkan Pasar.id, sebuah platform yang menghubungkan merchant dan pelanggan secara online untuk beradaptasi dengan tantangan berbisnis meski di masa pandemi.

“Selanjutnya kami juga mengembangkan platform pemberdayaan berupa Linkumkm.id yang dapat membantu skala UMKM dan tentunya produk layanan BRI yang digunakan oleh desa dan BUMDes seperti Agen BRIlink, Kasir Strawberry dan Strawberry Bill, QRIS dan produk lainnya,” kata Andika Arif Rahmoniya.

Fungsi penting lainnya dari pembukaan tersebut adalah penyampaian materi oleh Direktur Perencanaan Teknis Pembangunan Ekonomi dan Investasi Perdesaan, Aditya Varman Darudon, Direktur Jenderal Pembangunan Ekonomi dan Investasi, Pembangunan Kawasan dan Transportasi Kementerian Pembangunan dan Pembangunan Pedesaan perekonomian pedesaan dan investasi melalui kerjasama BUMDesa dengan mitra multilateral” yang memaparkan materi.

Kemudian dilanjutkan sharing session dengan Alumni DESA BRILIAN yang dibawakan oleh Harlan selaku ketua Desa Bansari Timangang yang merupakan pemenang DESA BRILIAN 2023 yang mempunyai materi tentang Desa Bansari.

Berikut materi rincian teknis pelaksanaan desa baru BRILIAN 2024 antara lain sosialisasi penggunaan LMS, kriteria evaluasi, metode evaluasi dan tabel oleh Vahyu Noviansya, S.Pd., M.Pd dan Agus Tri Haryanto, S Disampaikan oleh . Com. ., M.Ch.

Setelah kegiatan dimulai, dilanjutkan dengan kegiatan pemberdayaan, wisuda/pelantikan dan hibah. Kegiatan pemberdayaan merupakan bentuk kegiatan literasi yang bertujuan untuk memberdayakan Desa Berlin dengan memberikan pembelajaran daring sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan dan tidak lepas dari konsep kerangka Desa BRILIAN.

Acara wisuda/pengukuhan ini berupa pemberian penghargaan kepada 40 desa terbaik dari masing-masing kelompok pada masa pemberdayaan, yang memiliki jiwa kepemimpinan, kerjasama dan inovasi yang unggul serta mampu menjadi role model bagi pembangunan desa lainnya. Tugas pendukung yang terakhir berupa kontribusi yang signifikan kepada peserta desa Brillian (15 desa teratas untuk setiap kelompok).

Program Desa BRILian diberikan kepada desa yang memiliki kepemimpinan, kerjasama dan inovasi terbaik serta dapat menjadi teladan dalam pembangunan desa lainnya. 15 desa teratas (5 desa/anak) akan dipilih untuk berpartisipasi dalam Nugraha Karya Desa Briliun.

Dalam acara ini, para kepala desa dan pengelola BUMDes terbaik akan mengevaluasi dan memaparkan kepentingan desa. Untuk mempersiapkan pertunjukan ini dan mengembangkan rasa percaya diri, akan diadakan 2 kali pelajaran tambahan di depan umum, yaitu terkait dengan membangun kepercayaan diri, pengembangan mental dan personal branding, serta metode mempengaruhi dan memotivasi orang.

Baca artikel edukasi menarik di tautan ini. Kampus Tangning membuka program pertukaran pelajar luar negeri, berikut syarat dan kuotanya. harfam.co.id.co.id 3 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Liverpool Ditahan Imbang 2-2 MU, Klopp: Seharusnya Kami Menang!
Next post Tren Baru Menumpuk Emoji di iPhone, Begini Caranya