Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Read Time:1 Minute, 17 Second

Jakarta, 16 April 2024 – Melakukan perjalanan jauh, seperti mudik ke kampung halaman, berarti berkendara dengan kondisi jalan yang bervariasi.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, baik bagi pengemudi maupun mobilnya. Salah satu bahaya yang mengintai adalah ban kempes, yang jika tidak diantisipasi bisa berakibat fatal.

Ban kempes menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan di jalan tol. Oleh karena itu, penting bagi penumpang untuk memahami tanda-tanda ban mobil akan pecah, sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Berikut tanda-tanda yang muncul pada ban mobil saat hendak pecah, dikutip harfam.co.id Otomotif dari situs Hyundai Indonesia:

Visual

1. Ban mengalami keretakan, pada bagian lekukan dan dinding ban. 2. Ban telanjang, yaitu permukaan tapak ban sudah aus hingga terlihat benang karkasnya. 3. Benang ban tampak keluar dari permukaan ban, menandakan adanya kerusakan pada struktur ban.

Suara

1. Suara “menggali menggali” yang semakin keras seiring dengan kecepatan mobil. Bunyi tersebut disebabkan oleh rusaknya struktur ban, misalnya benang mulai keluar atau permukaan ban tidak rata. 2. Getaran pada setir mobil, terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Mobil tidak stabil

1. Mobil terasa oleng atau oleng, terutama saat menikung atau mengerem. 2. pengendalian mobil terasa tidak stabil, seperti tertarik ke samping.

Ban merokok

1. Ada asap yang keluar dari ban, menandakan ban akan pecah. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan antara bagian ban yang rusak dengan permukaan jalan. Ban Mobil Dicuri Saat Parkir di Mal Jakpus, Polisi Kejar Penjahat Beredar video viral yang memperlihatkan mobil diparkir di tempat parkir mal Jakarta Pusat, tiba-tiba mobil tersebut hilang dan dicuri oleh seseorang harfam.co.id.co.id 8 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Komik dalam Kata Lain Disebut Juga Cerita Bergambar, Simak Pula Jenis-Jenisnya
Next post CDP Case Study: Melebihi 14% CTR Uplift, Brand Internet Provider Sukses Bekerja Sama dengan Emtek Digital