September 21, 2024
Segini Harga Emas Dunia Hari Ini Usai Cetak Rekor Termahal Dalam Sejarah

Segini Harga Emas Dunia Hari Ini Usai Cetak Rekor Termahal Dalam Sejarah

0 0
Read Time:3 Minute, 22 Second

harfam.co.id, Jakarta Harga emas stabil pada Selasa (Rabu waktu Jakarta) setelah mencapai level terendah dalam lebih dari dua minggu, meredakan kekhawatiran meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Investor sedang menunggu data ekonomi penting untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut mengenai waktu penurunan suku bunga AS.

Harga emas global sedikit berubah menjadi US$2.327,50 per ounce pada Rabu (24 April 2024) setelah mencapai level terendah sejak 5 April, menurut CNBC. Reli harga emas bulan Maret-April meningkat hampir $400 menjadi $2,431.29 pada 12 April 2024.

Sementara itu, emas berjangka AS turun 0,2% menjadi $2,342.10.

Serangan Israel terhadap Gaza semakin meningkat dalam beberapa pekan terakhir, namun setelah Iran mengatakan pada pekan lalu bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk membalas serangan pesawat tak berawak Israel, pasar keuangan menunjukkan tanda-tanda minat baru di tengah kekhawatiran mengenai berkurangnya konflik secara lebih luas.

Itu berarti emas, yang secara tradisional dipandang sebagai tempat berlindung yang aman dari risiko, kini melemah, kata Yulia Kantoshko, CEO broker Eropa Mind Money.

Pasar memantau dengan cermat sinyal dari AS, di mana data inflasi dan laporan Federal Reserve menunjukkan bahwa suku bunga tidak akan diturunkan pada bulan Juni.

Laporan terbaru dari pejabat bank sentral menunjukkan tidak perlu terburu-buru menurunkan suku bunga, sehingga mengurangi daya tarik emas batangan tanpa bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan penurunan suku bunga pertama bank sentral akan dilakukan pada bulan September.

 

Pasar akan mengamati laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) pada hari Jumat untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai keadaan perekonomian dan waktu pemotongan, yang akan dirilis pada hari Kamis ketika data PDB AS dirilis.

Kandoshko menambahkan, emas yang overbought juga mengalami koreksi teknikal.

“Banyak investor melewatkan reli besar emas dan memperkirakan penurunan serupa,” kata Fawad Razaqzada, analis pasar di CitiIndex.

Sementara itu, perak naik 0,6% menjadi $27,35. Platinum turun 0,5% menjadi US$912,55 dan paladium naik 1,1% menjadi US$1.019,47. 

Harga emas global turun lebih dari 2% ke level terendah satu minggu pada perdagangan hari Senin. Harga emas turun seiring meredanya kekhawatiran konflik di Timur Tengah.

Oleh karena itu, investor cenderung tidak memperdagangkan aset-aset yang aman seperti emas dan dolar AS dan sebaliknya akan memilih aset-aset yang lebih berisiko seperti saham.

CNBC, mengutip Selasa (23 April 2024), melaporkan harga emas spot turun 2,6% menjadi US$2.328,6335 per ounce, yang bisa menandai penurunan harian terbesar dalam lebih dari setahun. Sementara itu, emas berjangka AS turun 2,9% menjadi $2,343.00 per ounce.

“Beberapa risiko bersama di Timur Tengah telah hilang, sehingga menarik beberapa aktivitas penjualan emas. Namun pertanyaannya adalah seberapa besar potensi penurunannya,” kata Daniel Galli, analis komoditas di TD Securities.

 Pemerintah Iran meremehkan serangan drone balasan Israel, yang tampaknya menjadi salah satu alasan untuk mencegah perluasan wilayah.

Emas juga berada di bawah tekanan karena indeks-indeks utama Wall Street dibuka lebih tinggi, mengurangi permintaan terhadap aset-aset safe-haven dan tidak adanya pembayaran bunga.

Ketegangan geopolitik dikombinasikan dengan pembelian besar-besaran oleh bank sentral menyebabkan harga mencapai rekor tertinggi US$2.431,29 per ounce pada 12 April 2024.

 

Investor saat ini sedang menunggu rilis laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS yang akan dirilis pada hari Jumat untuk mendapatkan panduan yang lebih jelas mengenai prospek penurunan suku bunga AS.

Presiden Federal Reserve Chicago Austin Goolsbee mengatakan pada hari Jumat bahwa kemajuan dalam pengurangan inflasi telah terhenti tahun ini, menjadi pejabat terbaru yang mengabaikan penekanan sebelumnya pada perlunya menurunkan suku bunga.

“Jika ada laporan PCE yang mengejutkan yang menunjukkan penurunan inflasi, emas dapat kembali mencapai titik tertinggi sepanjang masa. “Kami terus memperkirakan aktivitas pembelian di luar Asia akan tetap kuat karena emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap apresiasi mata uang Asia,” Galle menambahkan.

Logam lain juga mencatat penurunan tajam, dengan perak spot turun 5% pada US$27,22 per ounce, platinum turun 1% pada US$922,05 dan paladium turun 1,3% pada US$1.012,64.

“Setiap peningkatan penjualan kendaraan bermesin pembakaran relatif terhadap pangsa pasar BEV (kendaraan listrik baterai) akan membantu mendukung harga paladium,” kata Heraeus Metals dalam sebuah pernyataan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link