September 21, 2024
IMAG Pertama 2023 Sukses Terukir dalam Sejarah Olahraga Indonesia

IMAG Pertama 2023 Sukses Terukir dalam Sejarah Olahraga Indonesia

0 0
Read Time:4 Minute, 25 Second

Bogor – Seri pertama Pekan Olahraga Pencak silat Nasional atau Indonesia Martial Arts Games (IMAG) 2023 akhirnya ditutup dengan Gala oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotejo di Balai Kota Bogor. Makan malam dan upacara penutupan pada tanggal 31 Oktober 2023.

IMAG I /2023 dibuka lebih awal pada Minggu 22 Oktober 2023 di Asrama Ziarah Kota Bekasi. Pada tahun pertama pelaksanaannya. IMAG menyelenggarakan sembilan pertandingan pencak silat di Bekas dan Bogor.

Kompetisi Anggar, Shorinji Kempo, Ju-Jitsu dan Hapkido diadakan di Bekasi. Semua pertandingan Bekas diadakan di Haji Hostel. GOR POPKI bergabung dengan Cibubur di taekwondo.

Sedangkan lomba sambo, gulat, dan wushu digelar di GOR Pajajaran Bogor. Kickboxing juga dimainkan di Bogor, lebih tepatnya di Green Forest Hotel.

Tim tuan rumah asal Jawa Barat pun menjadi juara umum dengan perolehan 53 medali emas. Urutan kedua DKI Jakarta dan ketiga Jawa Timur. Sama seperti tiga besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX/2021.

Suksesnya peluncuran IMAG di Bekas dan Bogor menandai pertama kalinya dalam sejarah olahraga Indonesia diadakan pesta olahraga dua tahun sekali dan bergabung dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diadakan empat tahun sekali.

Suatu kehormatan bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat (KONI) sebagai promotor bersama dua kota besar di Jawa Barat tersebut. Sebab, tidak mudah memulai penemuan dengan keterbatasan yang ada saat ini.

“Saya selaku Ketua Umum CONI Pusat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kota Bogor dan Kota Bekas atas kesiapan dan kesediaannya menyelenggarakan IMAG pertama secara sederhana. Alhamdulillah IMAG 2023 bisa berjalan tanpa gangguan,” kata Letjen TNI Purna Marciano Norman, Ketua CONI Pusat.

IMAG juga bertujuan untuk merekrut, menyaring dan mengembangkan atlet-atlet muda terbaik daerah, yang nantinya akan menjadi atlet-atlet terbaik Indonesia.  “Atlet-atlet peserta IMAG ini banyak yang merupakan atlet-atlet muda yang nantinya mewakili daerahnya pada PON XXI/2024 di Aceh-Sumut. Jadi tingkat keikutsertaannya benar-benar terorganisir. Juara IMAG ini juga merupakan juara PON dan mewakili Indonesia sebagai seorang juara bela diri internasional, yang tampil di berbagai event dan event tunggal internasional,” kata Marciano.

Marciano mengucapkan terima kasih kepada pimpinan olahraga dan juga seluruh CONI provinsi yang mengirimkan atletnya. IMAG selanjutnya pasti bagus. Dalam acara pembukaannya, IMAG menginspirasi beberapa daerah untuk menjadi pengunjung masa depan.

“Ini akan sangat menarik ke depannya dan saya berharap dapat melihat daerah/kota di Indonesia tertarik untuk menjadi tuan rumah IMAG lagi pada tahun 2025,” kata Marciano.

Menpora Dito sekaligus mengapresiasi IMAG pertama sekaligus mengapresiasi transformasi KONI Pusat yang berhasil memberikan pembangunan bermanfaat bagi perkembangan olahraga tanah air. – Kemenpora sangat bersyukur, bersemangat dan gembira karena kami yakin inovasi ini menjadi salah satu solusi pembinaan pencak silat di Tanah Air, jelas Dito. Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada Kota Bogor dan Kota Bekas.

“Kita memerlukan regenerasi dan pembinaan yang terukur, sistematis, dan masif bagi para atlet kita. Saya sejak awal mendukung penuh penguatan peran CONI dan transformasi CONI yang menurut saya sudah mulai terlihat,” ujarnya. ditambahkan.

Selain IMAG, Menpora juga mengapresiasi rencana progresif Keski-KONI lainnya seperti PON Remaja, PON Pantai, dan PON Indoor.

Di penghujung acara, Menpora memberikan pesan persatuan kepada seluruh klub olahraga peserta. “Esensi sejati dari seni bela diri bukan sekedar kemenangan, tapi perjalanan pengembangan diri, fleksibilitas dan ikatan tak terpatahkan yang terbentuk di antara kita. “Saya percaya setelah IMAG pertama berakhir, suasana persahabatan dan olahraga memenuhi arena. terus menginspirasi dan mempersatukan kita,” kata Menpora.

CEO IMAG I/2023 Kota Bogor Dedi A. Rahim mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemprov DKI dan Kota Bekas. “Atas nama Pemerintah Kota Bogor dan juga bersama Pemerintah Kota Bekas, kami berterima kasih atas kepercayaan yang menjadi bagian dari sejarah olahraga Indonesia karena kedua kota ini merupakan kota penyelenggara pertama Pekan Olahraga Pencak silat Nasional/IMAG,” dia berkata.

“Kami berharap ini menjadi semangat bagi kita untuk membina atlet-atlet di Bogor dan Bekas, mengembangkan prestasi ke depan dan mengangkat tidak hanya prestasi Jabar saja, tapi juga prestasi nasional dan tentunya memberikan kontribusi di tingkat dunia.” tambah Dedi, yang juga Wakil Wali Kota Bogor.

Perwakilan DPRD Kota Bogor Dedi menyebut salah satu tujuan IMAG yakni Sports Tourism memberikan dampak positif bagi tuan rumah. “Adanya event IMAG ini memberikan dampak yang besar terhadap perputaran perekonomian Kota Bogor yang dalam 12 hari terakhir kurang lebih mencapai Rp 12 Miliar. Karena olah raga merupakan bagian penting, kami berharap IMAG menjadi bagian rutin dalam kehidupan. .” jelas Dedi.

Ketua KONI Kota Bogor M Benninu Agroebie mengungkapkan rasa bangga dan semangatnya terhadap perkembangan para atlet. Artinya, kami semakin berkomitmen kepada CONI pusat dan pemerintah sebagai pendukung utama dalam pembinaan atlet-atlet terbaik nasional, jelasnya. Ia juga mengumumkan akan membuat monumen bersejarah sebagai penyelenggara IMAG pertama di Indonesia.

Hebatnya lagi, Kota Bogor memiliki peraturan daerah olahraga yang memperbolehkan atlet nasional bekerja di bawah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Tak hanya tuan rumah, Ketua KONI Jabar, Prof.Dr.M juga turut hadir. Artinya, komitmen kita sebagai penopang utama KONI Pusat dan pemerintah dalam pembinaan atlet elit terus kita perkuat, ujarnya.

Dari sisi organisasi, KONI Jabar menyatakan komitmennya untuk mendukung dan menjadi tuan rumah kompetisi tingkat nasional. “(Jabar) siap menjadi tuan rumah segala macam multievent,” tegasnya merujuk pada rencana tuan rumah PON Remaja beberapa tahun ke depan. PON 2024 Sambut Generasi Milenial, Akting Sumut Gubernur: Apa yang bisa dilakukan untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024? Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menghadirkan generasi milenial harfam.co.id.co.id 12/6/2024 tahun

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link