September 21, 2024
Empat Skincare yang Dibutuhkan Penderita Rosacea

Empat Skincare yang Dibutuhkan Penderita Rosacea

0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

Republik Jakarta – Penderita Rosacea dapat mencegah kekambuhan dan mencegah keparahan gejala dengan menjaga kesehatan kulit wajah. Dengan produk perawatan kulit yang tepat, penderita rosacea dapat mengurangi gejala gatalnya.

“Jika Anda mengalami kondisi ini, umumnya ada empat produk perawatan kulit yang perlu Anda gunakan, yaitu pembersih wajah, pelembab, tabir surya, dan penghapus riasan,” kata Shannaz Nadia Yusharyahya, dokter kulit, konsultan wanita dan kosmetik. 22 April 2024) diskusi online di Jakarta.

Dr. Shannaz menjelaskan, rosacea merupakan penyakit peradangan kronis yang menimbulkan benjolan kecil, kemudian kemerahan dan jaringan parut. Gejala ini biasanya muncul di zona T yaitu wajah, hidung, dagu, dan pipi.

Rosacea bisa dikatakan sulit karena pemicu utamanya belum diketahui. Tergantung pada tingkat keparahan rosacea, pasien sering kali merasakan nyeri atau terbakar, atau bahkan mata gatal.

“Penyebabnya tidak diketahui, tapi kami tahu ada faktor genetik, serta pemicu lain seperti anatomi pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh,” kata Dr. kata RSUPN. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Sensasi gatal dapat mendorong pasien untuk terus menggaruk lesi di wajahnya, sehingga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, kata Dr. Syahnaz melanjutkan. Ia juga menganjurkan agar pasien rosacea menghindari rosacea dengan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat (topikal atau oral) dan melakukan perawatan kulit mandiri.

Sabun wajah

Dalam hal perawatan kulit, Dr. Shannaz menyarankan pasien rosacea untuk menggunakan pembersih wajah berdasarkan konsentrasi hidrogen (pH) dan kandungannya sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Misalnya, orang yang memiliki kulit berminyak disarankan memilih pembersih wajah yang mampu menjaga kelembapan kulit.

Pelembab wajah

Produk rekomendasi kedua adalah pelembab wajah. Tujuan penggunaannya adalah untuk meningkatkan kelembapan kulit, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi atau peradangan akibat pembengkakan pembuluh darah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link