September 21, 2024
Ayam Nanking Adalah Hidangan Chinese Food, Simak 3 Resepnya

Ayam Nanking Adalah Hidangan Chinese Food, Simak 3 Resepnya

0 0
Read Time:4 Minute, 36 Second

harfam.co.id, Jakarta – Chicken Nanki merupakan salah satu sajian yang sering ditemukan di menu restoran Cina di Indonesia. Hidangan ini terdiri dari ayam yang digoreng dengan remah roti dan disajikan dengan saus kental, manis dan gurih.

Ayam nanki sangat digemari banyak orang terutama anak-anak karena rasanya yang netral dan cocok dipadukan dengan berbagai macam sayuran.

Menurut buku “Menu Makan Siang + Sarapan Favorit” karya Maryam Kalangi, keunikan Ayam Nanking adalah menggunakan udang cincang yang dicampur dengan ayam giling yang diolesi di atas kertas ayam sebelum digoreng.

Resep ayam nanking membutuhkan bahan-bahan seperti dada ayam, udang, ayam cincang, bawang putih, tepung jagung, putih telur, garam, merica, gula pasir, dan minyak wijen.

Berikut harfam.co.id ulas lebih dalam resep ayam Nanking beserta tips memasaknya, Rabu (29/4/2024).

Ayam nanking dibuat dengan cara membumbui dada ayam dengan garam dan merica, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, saus udang dan campuran ayam dimasukkan ke dalam ayam yang digoreng dengan putih telur dan tepung panir sebelum digoreng hingga matang.

Hidangan ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, minyak cangkang, dan kaldu ayam.

Asal usul ayam Nanking dapat ditelusuri kembali ke masakan Cina yang telah diadaptasi dengan berbagai cara di Indonesia. Hidangan ini disebut “Nanking” yang diambil dari nama kota Nanjing di Cina, meskipun resepnya banyak ditemukan di restoran Indonesia dan telah disesuaikan dengan selera lokal.

Kepopuleran ayam Nanking di Indonesia tak lepas dari keberagaman dan melimpahnya hiburan Tionghoa yang dipadukan dengan budaya kuliner lokal.

Resep Ayam Nanki mudah dan bisa dibuat di rumah. Prosesnya meliputi beberapa langkah seperti melapisi ayam dengan bumbu, mencampurkan bahan olesan, menggoreng ayam, dan membuat kuah kental.

Ayam goreng tumis dengan sambal membuat sajian ini nikmat dan siap dihidangkan kapan saja. Menurut buku Maryam Kalangi, salah satu tips penting adalah pastikan ayam digoreng hingga matang sempurna agar keras di luar namun juicy di dalam.

Trik memasak ayam Nanking agar memiliki cita rasa lezat ala restoran Cina adalah dengan memperhatikan kualitas bahan dan keterampilan pengolahan yang tepat. Gunakan ayam segar dan kotoran berkualitas untuk hasil terbaik. Goreng ayam dalam minyak panas agar ayam matang merata dan remah roti renyah.

Kuah kentalnya harus dimasak dengan hati-hati agar semua bumbu tercampur rata dan memberikan cita rasa yang sempurna pada makanan. Ikuti resep dan petunjuk berikut ini, rasa ayam Nanking yang Anda buat akan terasa tak kalah dengan yang disajikan di restoran. 

Memasak resep ayam nanking yang lezat memerlukan persiapan yang matang dan matang. Pastikan semua bahan sudah dipersiapkan dengan baik sebelum memulai proses memasak. Kunci lezatnya ayam Nanking terletak pada bahan segar dan teknik penyajian yang tepat.

Di bawah ini tiga resep ayam Nanking enak yang bisa Anda coba di rumah, masing-masing dengan bahan dan cara memasak yang berbeda. 1. Resep Ayam Nanking Restoran Cina

Bahan: 200 gram ceker ayam, 3 siung bawang putih, 2 sendok makan telur cincang, 2 sendok makan tepung maizena, 1 sendok makan tepung maizena, 1 sendok teh kecap asin, 1 sendok makan minyak wijen, garam, merica, kaldu bubuk hingga cicipi dengan minyak.

Kecap ikan: 3 siung bawang putih, 1/2 bawang bombay cincang, 2-4 sendok makan cabai, 3 sendok makan jus tomat, 1 sendok makan gula pasir, garam, 1-2 siung tepung terigu, dilarutkan dalam sekitar 200 ml air dan 1 sendok makan air. . Mentega untuk menggiling daun bawang untuk taburan

Cara membuat: Bersihkan daging ayam, campur dengan telur dan bumbu lainnya, aduk rata. Tambahkan kedua jenis tepung tersebut, aduk hingga rata. Ambil sesendok adonan, ratakan, lalu goreng dengan api sedang hingga matang. Untuk sausnya, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega hingga harum. Tambahkan bumbu lain kecuali tepung maizena cair, aduk rata. Tambahkan tepung maizena cair, aduk hingga kental. Tuang saus di atas ayam dan taburi daun bawang. Sajikan hangat. 2. Resep ayam nanking dengan dada

Bahan: 250 gram dada ayam, 200 gram udang kupas, 1/2 sendok makan garam, 1/2 sendok makan garam, 1/2 sendok makan merica, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan tepung terigu, 1 butir telur, kocok rata.

Bahan: jus lemon 1/2 sdt minyak wijen 1/4 sdt garam 1/8 sdt merica

Saus: 2 sendok makan margarin, 1 sendok makan jus tomat, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan cuka, 1 sendok makan minyak cangkang, 150 ml gula pasir, 1 sendok teh air, bubuk sagu dilarutkan dalam air.

Cara membuat: Masukkan dada ayam menggunakan rolling pin hingga setebal +/- 3 mm. Bumbui dengan bumbu dan dinginkan selama 10 menit. Campur udang, garam, merica, gula dan tepung terigu, aduk rata. Cuci ayam dengan lumuran, lalu masukkan campuran udang. Gulung ayam ke dalam tepung sagu, lalu celupkan ke dalam telur kocok, dan gulingkan ke dalam tepung terigu. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna keemasan, angkat dan sisihkan. Panaskan margarin untuk saus, masukkan bahan saus kecuali larutan bubuk sagu. Aduk rata dan didihkan. Tuang larutan sagu, masak dan aduk. Sajikan ayam nanking dengan kuah di atasnya, dan tambahkan perasan jeruk lemon sesuai selera.

 

Bahan: 250 gram ceker ayam, 250 gram udang cincang, 1 sendok teh udang cincang, 1 sendok teh coklat bubuk, 1/2 sendok makan telur, 1 siung bawang putih, cengkeh, garam, garam secukupnya jamur.

Cara membuat: Campurkan semua bahan dalam wadah, aduk hingga rata. Masukkan sedikit minyak ke dalam wajan, bentuk adonan menjadi bola-bola lembut, lalu goreng (goreng dengan sedikit minyak) hingga matang. Sajikan ayam Nanking bebas gluten ini panas.

Resep ayam nanking enak ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Setiap resep memiliki variasi rasa dan tekstur yang berbeda-beda, sehingga Anda bisa menikmati Ayam Nanking dengan berbagai cara. Semoga beruntung!

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link