September 21, 2024
Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan

Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan

0 0
Read Time:2 Minute, 54 Second

harfam.co.id, Jakarta – Sakit tenggorokan yang sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, bisa menimbulkan rasa nyeri dan gatal yang membuat sulit menelan. Hal ini tentu saja membuat penderitanya kesulitan makan dan minum.

Namun, makanan dan minuman yang tepat penting untuk mempercepat pemulihan dan meringankan gejala. Berikut ini beberapa anjuran makanan dan minuman yang aman dan bermanfaat untuk dikonsumsi saat Anda sedang sakit tenggorokan yang sehat. 1. Es krim dari jus buah

Es krim dengan sensasi dingin yang menyegarkan mampu meredakan sakit tenggorokan untuk sementara. Namun, pilihlah es krim yang bahan utamanya hanya bubur buah atau jus asli.

Hindari es krim dengan sirup jagung fruktosa tinggi, tambahan gula, pewarna dan perasa buatan yang dapat memperburuk kondisi.

Anda bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan buah-buahan kaya antioksidan seperti blueberry, jus delima, dan ceri. Tambahkan sayuran hijau seperti bayam atau daun kangkung untuk meningkatkan nilai gizinya.

Gunakan cetakan es krim bebas BPA untuk hasil yang lebih bersih. Makanlah es krim buatan sendiri ini secukupnya untuk meredakan gejala sakit tenggorokan Anda. Teh Kamomil: Seduh teh kamomil dalam air panas untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kualitas tidur. Smoothie: Buatlah smoothie dengan sayuran, bubuk protein nabati, selai kacang, susu kacang, buah beku, jahe, kunyit, dan lada hitam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan melegakan tenggorokan. Jus Ceri Tart: Minumlah jus ceri asam untuk mengurangi peradangan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Minuman Jahe: Minumlah teh kamomil dengan madu, es buah dengan jahe, ubi tumbuk dengan jahe, oatmeal dengan jahe, atau smoothie jahe untuk manfaat anti inflamasi, anti inflamasi, dan anti kanker.

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat Anda sedang sakit tenggorokan. Selain nyaman disantap saat sakit, makanan ini juga memiliki manfaat mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Telur: Telur mengandung A, D, zinc dan selenium, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Makanlah telur yang lembut dan mudah ditelan. Ubi Jalar: Ubi jalar kaya akan vitamin A dan C serta senyawa anti inflamasi yang membantu meredakan sakit tenggorokan. Campurkan kayu manis dan madu dengan pure ubi jalar atau buat puding dengan kurma, tepung almond, dan sirup maple. Oatmeal: Oatmeal mengandung antioksidan, magnesium dan zinc, yang membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kombinasikan oatmeal dengan pisang, madu, jahe, dan kayu manis untuk menambah rasa dan nutrisi. Kaldu Soto Ayam: Kaldu soto ayam yang hangat dan menenangkan, uapnya membantu meredakan hidung tersumbat. Kaldu juga mengandung nutrisi dan antioksidan. Tambahkan bawang putih untuk efek anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus.

Meski Anda mungkin tergoda untuk mengonsumsi makanan favorit saat sakit, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari atau batasi konsumsinya untuk mencegah sakit tenggorokan semakin parah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Produk yang bersifat asam: Jus yang bersifat asam seperti jus jeruk, tomat, atau nanas dapat mengiritasi sakit tenggorokan dan memperburuknya. Cuka, baik sebagai saus salad maupun saus, juga bersifat asam sehingga dapat menyebabkan iritasi.

2. Minuman berkarbonasi: Minuman manis, minuman manis, dan minuman ringan berkarbonasi dapat mengiritasi tenggorokan dan memperparah rasa sakit. Kafein dalam minuman manis juga dapat menyebabkan dehidrasi sehingga memperlambat pemulihan.

3. Makanan keras atau sangat keras: Kerupuk, roti panggang kering, dan granola batangan memiliki tekstur yang keras dan tajam sehingga dapat menggores tenggorokan saat ditelan sehingga menyebabkan rasa sakit dan iritasi yang lebih parah.

4. Makanan bergula: Paprika, saus pedas, dan makanan pedas lainnya mengandung capsaicin, yang menyumbat tenggorokan dan memperparah rasa sakit.

5. Makanan dan minuman panas: Sup panas, teh panas, dan kopi panas mungkin tampak dingin pada awalnya, namun dapat menyebabkan iritasi lebih parah jika Anda sudah menderita sakit tenggorokan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link