September 21, 2024
Makin Banyak Kreator Konten yang Cari Cuan di YouTube Shorts, TikTok Bakal Ditinggal?

Makin Banyak Kreator Konten yang Cari Cuan di YouTube Shorts, TikTok Bakal Ditinggal?

0 0
Read Time:2 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Jakarta – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. 

Dikutip Engadget, Minggu (31/3/2024), perusahaan mengumumkan lebih dari seperempat kreator yang tergabung dalam Program Mitra YouTube kini mendapatkan uang dari video pendek.

Pencapaian ini dicapai sekitar setahun setelah YouTube mulai membagi pendapatan iklan dengan pembuat konten berdurasi pendek.

YouTube mengatakan saat ini pihaknya memiliki lebih dari 3 juta pembuat konten di seluruh dunia dalam program mitranya.

Dengan program mitra ini, jumlah pembuat video pendek YouTube yang menghasilkan uang dari platform ini telah mencapai ratusan ribu.

Karena iklan dalam video Shorts muncul di antara klip dalam feed, struktur bagi hasil untuk video Shorts berbeda dengan konten lainnya di YouTube.

Pendapatan iklan dikumpulkan dan dibagi di antara pembuat konten yang memenuhi syarat berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah penayangan dan lisensi musik yang digunakan dalam video.

Perusahaan Google menyebut aturan tersebut jauh lebih menguntungkan bagi kreator dibandingkan Dana Kreator TikTok.

Namun sejauh ini, masih belum jelas berapa penghasilan pembuat konten dari film pendek.

YouTube menolak memberikan rincian, namun mengatakan pihaknya telah membayar $70 miliar kepada pembuat konten selama tiga tahun terakhir.

Sementara itu, TikTok yang saat ini berusaha menyaingi YouTube kini menghadapi kemungkinan besar aplikasinya akan dilarang di Amerika Serikat.

Dengan adanya program monetisasi, YouTube akan menarik lebih banyak kreator untuk membuat video di platformnya.

YouTube akan mengusulkan kebijakan baru untuk video yang menggunakan AI untuk membuat konten.

Mulai saat ini, platform berbagi video Google akan mewajibkan pembuat konten yang menggunakan AI dalam pembuatan videonya untuk menyertakan tag tambahan. 

Tag ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa video tersebut menggunakan AI dalam proses pembuatannya. Selain itu, penandaan juga bertujuan untuk memastikan transparansi pada setiap konten yang diunggah. 

YouTube mengklaim konten yang dihasilkan AI cenderung mudah disalahartikan oleh sebagian pengguna dalam menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa, tempat, atau peristiwa tertentu, seperti dikutip Engadget.

Nantinya, jika pembuat konten membuat tiruan suara orang sungguhan untuk menarasikan video, atau mengganti wajah seseorang dengan wajah orang lain, maka pembuatnya harus memberikan tag saat mengunggahnya.

YouTube mengungkapkan bahwa mereka juga akan menandai video jika pembuatnya belum menandai video dengan AI yang diunggah ke platform.

Tab tersebut akan muncul di semua platform YouTube dalam beberapa minggu mendatang, dimulai dengan aplikasi seluler, termasuk tampilan di versi desktop dan TV.

Contoh pelabelan tersebut adalah “konten yang diubah atau sintetis”, atau “suara atau visual telah dimodifikasi secara signifikan atau dibuat secara digital”.

Untuk video yang memiliki unsur topik sensitif, seperti berita politik, kesehatan, ekonomi, dan lainnya, YouTube akan otomatis menghubungkannya langsung dengan penonton agar lebih terlihat.

Tim YouTube memberikan waktu kepada pembuat konten untuk membiasakan diri dengan peraturan baru.

Nantinya, YouTube juga akan memberikan peringatan kepada kreator yang berulang kali melakukan pelanggaran dengan tidak menandai video yang dibuat dengan AI.

Meskipun peraturan tersebut ditujukan bagi pembuat konten yang menggunakan AI untuk membantu membuat konten, YouTube mengatakan ada beberapa pengecualian. 

Misalnya, kreator tidak perlu menyebutkan nama apakah penggunaan AI hanya untuk membantu membuat skrip, memberikan ide untuk membuat video, atau menghasilkan teks secara otomatis.

Tag juga tidak perlu memberikan video yang tidak realistis, atau perubahan yang ditambahkan oleh AI tidak begitu penting.

Kreator juga tidak perlu memberikan tag jika penggunaan AI pada video yang diunggah hanya untuk mengatur komposisi warna, penggunaan efek khusus, pencahayaan, filter atau pengaturan lainnya.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link