September 21, 2024
Minggu Ke Empat Jadi Masa Paling Menantang Saat Berhenti Merokok, Bagaimana Mengatasinya?

Minggu Ke Empat Jadi Masa Paling Menantang Saat Berhenti Merokok, Bagaimana Mengatasinya?

0 0
Read Time:53 Second

harfam.co.id, JAKARTA — Merokok dapat menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan Anda dan orang di sekitar Anda. Seberapa sulitkah orang berhenti merokok?

“Kenapa berhenti merokok itu sulit? Karena orang yang berhenti, awalnya merasa enak, rileks dengan merokok, kemudian mulai merasa tidak nyaman pada tubuhnya ketika tidak merokok, karena ada ketegangan, emosi menjadi sensitif dan mudah tersinggung,” dia jelas pakar kesehatan jiwa Fitri Dona Nainggolan pada Senin (27/5/2024).

Dr Dona menjelaskan, minggu keempat berhenti merokok biasanya merupakan saat yang paling sulit. Pada titik ini, ada risiko orang akan kembali ke kebiasaan aslinya.

Menurut penelitian, 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan pada minggu keempat. Lalu bagaimana caranya bertahan di momen menarik ini?

“Saat orang berhenti merokok, tantangannya besar sekali, tidak hanya dari dirinya sendiri, tapi juga dari lingkungannya. Menurut penelitian, 75 persen orang yang berhenti merokok akan kambuh lagi pada minggu keempat,” ujarnya.

Dr Dona menjelaskan, perasaan atau pikiran saat ingin merokok bisa menular. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas positif lainnya seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, atau bahkan mengobrol bersama keluarga dan teman.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link