September 21, 2024
Ketahui Arti Lokasi Jerawat di Setiap Bagian Wajah dengan Pemetaan Jerawat

Ketahui Arti Lokasi Jerawat di Setiap Bagian Wajah dengan Pemetaan Jerawat

0 0
Read Time:3 Minute, 40 Second

harfam.co.id, Jakarta – Jerawat memang menyebalkan, tapi tahukah Anda kalau letak jerawat di wajah bisa menandakan lebih dari sekedar kulit berminyak dan pori-pori tersumbat? Jerawat di area tertentu mungkin mengindikasikan masalah kesehatan atau gaya hidup yang mendasarinya.

Pemetaan wajah adalah praktik kuno yang memetakan lokasi jerawat ke organ tubuh tertentu. Meskipun telah berkembang selama berabad-abad, banyak dokter kulit masih menggunakannya untuk mendiagnosis dan mengobati jerawat.

Sebelum Anda mengoleskan krim jerawat pada wajah, sebaiknya Anda melihat peta wajah atau acne facial map Anda. Memahami pengertian jerawat di wajah akan membantu Anda menemukan solusi tepat untuk permasalahan kulit Anda.

Menurut laporan Real Simple, peta wajah membagi wajah menjadi beberapa area yang sesuai dengan penyebab medis atau gaya hidup tertentu, kata Claire Chang, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City. “Ini berasal dari pengobatan Timur kuno dan menyatakan bahwa kulit seseorang dapat menjadi cerminan kesehatan internal. Ketidakseimbangan dalam tubuh diyakini menyebabkan munculnya jerawat, dengan area tertentu di wajah mewakili organ tertentu. “Baru-baru ini, peta wajah modern telah diperluas untuk mencakup penyebab jerawat yang lebih ilmiah dan berdasarkan bukti.”

Pemetaan wajah dapat membantu mengidentifikasi pemicu potensial, namun ini bukanlah aturan universal yang berlaku untuk semua orang, kata Dr. Perubahan.

“Pemetaan wajah dapat digunakan sebagai salah satu alat kami dalam diagnosis dan pengobatan jerawat, namun tidak boleh dianggap sebagai solusi akhir. Sebaliknya, kita harus melihat pasien secara keseluruhan. Genetika, hormon, pola makan, gaya hidup, dll. Faktor lingkungan juga memainkan peran penting.

Meskipun pemetaan wajah bukanlah solusi akhir, ini bisa menjadi cara menarik untuk memikirkan kesehatan Anda. Jika Anda memiliki jerawat di area tertentu, ada baiknya Anda memikirkan apa penyebabnya.

Menurut Dr. Menurut Chang, seorang dokter kulit, dahi dikaitkan dengan sistem pencernaan dalam pengobatan Tiongkok. “Jerawat di area dahi dikatakan menandakan gangguan pencernaan, seperti pola makan yang buruk, pencernaan yang tidak tepat, atau sindrom iritasi usus besar,” ujarnya.

Untuk mengobati jerawat di dahi, Dr. Chang menyarankan untuk mengganti minuman berkafein dan olahan dengan air. Ini membantu menghilangkan racun dan mempercepat pencernaan. Selain itu, hindari minyak rambut yang kuat dan cuci rambut lebih sering jika Anda memiliki rambut berponi atau berminyak. Dr Chang juga memperingatkan bahwa rambut, topi, dan penutup kepala yang kotor dapat memperburuk jerawat di dahi dengan menjebak bakteri dan keringat di area tersebut.

2. Kuil

Menurut peta Tiongkok kuno, kuil berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Jerawat di area ini mungkin mengindikasikan adanya infeksi atau peradangan pada organ tersebut. Waspadai konsumsi alkohol karena dapat memperburuk kondisi ini. Jika jerawat di pelipis masih berlanjut, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Menurut peta Tiongkok kuno, jerawat di pipi bagian atas berhubungan dengan sistem pernapasan. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, seperti jalan-jalan keliling kota atau berkendara dengan jendela terbuka, polusi udara bisa memperparah jerawat di area tersebut. Untuk mencegahnya, bersihkan wajah lebih menyeluruh dan gunakan alat pembersih udara atau tanaman yang menjernihkan udara di rumah.

Dr Chang menambahkan, faktor lain seperti sarung bantal, sprei, dan casing ponsel yang kotor juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di pipi. Benda-benda ini bersentuhan dengan wajah Anda setiap hari, dan bakteri serta kotoran yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, penting juga untuk menjaga kebersihan barang-barang di sekitar Anda untuk mencegah timbulnya jerawat.

4. Jenggot

Jerawat di dagu sering kali menunjukkan penyebab utama jerawat: ketidakseimbangan hormon. Dr. Chang menjelaskan: “Jerawat hormonal cenderung muncul dalam siklus dan memburuk seiring menstruasi dan menopause karena kadar androgen relatif lebih tinggi daripada kadar estrogen. Androgen berlebih merangsang produksi minyak di kulit, menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbul jerawat.”

Hidung merupakan area wajah yang paling rentan berjerawat karena memiliki kelenjar sebaceous yang lebih banyak. Untuk mengatasi jerawat hidung, pastikan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan menggunakan produk perawatan kulit yang membuka pori-pori yang tersumbat.

Witch hazel bisa menjadi solusi tambahan. Sifat antibakteri, antiinflamasi, dan pengurang minyak alaminya membantu mengatasi jerawat. Gunakan hazelnut setelah membersihkan wajah Anda.

Peta wajah Tiongkok mengaitkan jerawat di hidung dengan ginjal dan hati.

6. Garis Rambut

Jerawat di garis rambut, yang dikenal sebagai “jerawat pomade”, dapat disebabkan oleh produk perawatan rambut atau kulit yang menyumbat pori-pori. Dr Chang, seorang dokter kulit, menjelaskan bahwa pomade, produk rambut berbahan dasar minyak, kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat di area tersebut.

Jika Anda memiliki jerawat parah di sekitar garis rambut, sebaiknya pertimbangkan untuk menghindari penggunaan produk perawatan rambut berbahan dasar minyak. Beralihlah ke alternatif nonkomedogenik, termasuk sampo dan kondisioner, untuk mencegah munculnya jerawat di area tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link