September 21, 2024
5 Contoh Gimmick Marketing untuk Gaet Pelanggan

5 Contoh Gimmick Marketing untuk Gaet Pelanggan

0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

harfam.co.id – Untuk menarik perhatian pelanggan, para pebisnis harus mempunyai cara-cara kreatif, salah satunya adalah trik pemasaran.

Gimmick pemasaran adalah fitur, teknik, atau ide baru yang dimaksudkan untuk meningkatkan publisitas atau meningkatkan perhatian publik.

Tahukah Anda, seringkali konsumen memperhatikan suatu merek bukan karena apa yang dibawa oleh merek tersebut, melainkan karena ketertarikannya terhadap hal-hal baru.

Nah, gimmick pemasaran ini hadir dalam berbagai bentuk dan seringkali tidak berhubungan langsung dengan audiens yang dipasarkan.

Apakah Anda penasaran untuk mencoba gimmick pemasaran? Simak lima contoh gimmick pemasaran yang umum digunakan dan bisa Anda tiru, seperti dilansir Indeed.

1. Menyediakan banyak pilihan warna

Gimmick pemasaran ini dapat diterapkan pada salah satu produk terpopuler. Untuk meningkatkan penjualan, coba tawarkan beberapa pilihan warna. Secara fungsional barangnya sama, namun pilihan warna yang lebih banyak mungkin akan lebih berkesan bagi konsumen. Bahkan, bukan tidak mungkin bagi yang sudah memiliki barang tersebut bisa membeli kembali untuk dijadikan koleksi warna.

2. Rilis edisi khusus

Gimmick pemasaran ini menghadirkan sesuatu yang ‘langka’ sehingga membuat konsumen percaya bahwa kecil kemungkinannya untuk membeli barang tersebut. Misalnya, Anda bisa berkreasi dengan mengubah kemasan salah satu produk Anda untuk menambah diferensiasi.

3. Membedakan produk berdasarkan gender

Beberapa perusahaan membuat lini produk terpisah khusus untuk pria atau wanita, meskipun produk tersebut mungkin tidak berbeda secara fungsional dari lini produk biasa. Beberapa contoh umum dari gimmick pemasaran ini adalah perlengkapan mandi dan barang perawatan pribadi seperti pisau cukur dan sikat gigi.

4. Add-on atau item tambahan

Add-on adalah item tambahan yang ditawarkan selain produk utama yang dibeli. Misalnya pada restoran cepat saji, tempat makan anak dapat menggunakan mainan kecil untuk mendorong anak membeli paket tersebut. Karakteristik umum dari gimmick tambahan yang berhasil adalah bahwa tambahan tersebut lebih populer di kalangan konsumen dan lebih murah untuk diproduksi dibandingkan produk utamanya.

5. Dukungan selebriti

Celebrity endorsement merupakan kesepakatan antara suatu perusahaan dengan tokoh terkenal untuk membantu mempromosikan produk perusahaan tersebut. Misalnya, atlet sering kali mendukung produk seperti makanan, perlengkapan olahraga, dan produk kesehatan. Konsumen yang mengagumi selebriti mungkin tertarik pada suatu produk karena keyakinan terhadap penampilannya atau keinginan untuk menirunya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link