September 21, 2024
Kampus Merdeka Fair 2024 Kuatkan Gerakan MBKM Mandiri

Kampus Merdeka Fair 2024 Kuatkan Gerakan MBKM Mandiri

0 0
Read Time:2 Minute, 47 Second

harfam.co.id, PADANG – Tahun ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudrist) menyelenggarakan Pusat Pameran Merdeka bekerja sama dengan Universitas PGRI Sumatera Barat. Kampus Pameran Dagang Merdeka 2024 dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, antara lain staf universitas, pemerintah daerah, mitra dunia usaha dan industri, serta mahasiswa.

Senior Director Career Services Kiki Yuliati mengatakan acara ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memberikan gambaran lebih detail mengenai program Kampus Merdeka yang telah dicanangkan selama ini.

“Melalui Merdeka Exhibition Center, kami berharap semakin banyak cerita yang diceritakan dan banyak ide-ide konstruktif yang bisa dibagikan, dengan tujuan yang sama, agar banyak pihak terpacu untuk berpartisipasi dalam transformasi pendidikan tinggi Indonesia, khususnya di Pulau Dewata. Sumatera melalui program Merdeka Belajar “Kampus Merdeka (MBKM)”, hal itu disampaikannya saat membuka Pameran Kampus Merdeka di Auditorium Universitas PGRI Sumbar, Padang pada Kamis (30/5).

Pekan Raya Kampus Merdeka dibuka Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, Audy Joinaldy mengungkapkan kepuasannya atas berdirinya Pusat Pameran Merdeka di Padang. “Kejadian ini merupakan tanda nyata implementasi kebijakan MBKM yang dicanangkan pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Sebagai motor penggerak perubahan positif pendidikan tinggi di Indonesia, MBKM terbukti memberikan dampak signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan. Kampus Merdeka mampu menarik lebih dari 1,2 juta mahasiswa, 1.000 universitas dan 5.200 mitra dari dunia usaha dan industri. Penerapan MBKM telah memberikan dampak positif di berbagai institusi.

Keberhasilan pelaksanaan MBKM selama ini dapat dilihat dan didengar bersama. Banyak program pembangunan yang perlu dipantau pelaksanaannya, salah satunya adalah implementasi MBKM Mandiri. 

MBKM Mandiri mendorong kemandirian dan fleksibilitas pendidikan tinggi agar kurikulumnya berubah agar lulusannya relevan dengan dunia bisnis dan industri. Perguruan tinggi hendaknya mulai melaksanakan berbagai program MBKM Mandiri dan mempertahankan program tersebut sebagai program utama di lembaganya.

Bersamaan dengan itu, diadakan pula Rapat Khusus Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) Kampus Merdeka 2024 yang mengangkat tema “Bergerak Bersama Menjaga Kampus Merdeka”. Melalui pemaparan tersebut, para peserta pameran Kampus Merdeka diajak berdiskusi tentang perkembangan MBKM baik di dalam negeri maupun di Sumbar, serta rencana kelanjutan program tersebut. 

Rapat Beasiswa Gratis (SMB) menghadirkan narasumber yaitu Direktur Wilayah X Asosiasi Perguruan Tinggi (LLDikti), Afdalisma; Direktur Jenderal Lembaga Kampus Swasta (PPKM), Gugup Kismono; Wakil Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat Rina Widiyana; dan mahasiswa MBKM Universitas PGRI Sumatera Barat, Nur Aini.

Afdalisma menyampaikan: “Kami LLDikti dan seluruh perguruan tinggi yang dikelola oleh LLDikti “Kami LLDikti dan seluruh pimpinan perguruan tinggi melalui penyaluran yang kami lakukan juga dituntut untuk membangun kemitraan dengan para pelaku industri”, Afdalisma seraya menegaskan bahwa LLDikti X adalah siap melaksanakan MBKM pada tahun 2024.

“Mari kita penuhi peran kita sebagai fasilitator MBKM dengan baik. Kita pantau perguruan tinggi di beberapa daerah untuk memastikan bahwa mereka menerapkan MBKM secara efektif. Sesuai tujuan hari ini, Lembaga Mandiri terus Belajar Mandiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Gugup Kismono mengungkapkan kepuasannya atas kiprah perguruan tinggi peserta MBKM yang terus meningkat. “Kemajuan baik telah terjadi di berbagai LLDiktitan di Indonesia, dan sejauh ini sudah ada 1.240 perguruan tinggi yang mengikuti MBKM. Ini sangat menarik, karena perkembangannya terus meningkat. Dari sisi program studi, ada lebih dari 3.000 program yang mengikuti MBKM. .

Selain Konferensi Merdeka Belajar, Balai Pameran Merdeka tahun ini juga menggelar diskusi sharing mengenai pemerintahan daerah, Launching buku prakiraan MBKM dan buku latihan MBKM 2024, diskusi sharing metode inovasi baru dan kolaborasi kepemimpinan kewirausahaan. kursus program khusus, dengan pembuatan Pondok atau Pondok LLDikti Kecamatan I – XVII.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link