September 21, 2024
Perguruan Tinggi Hadir untuk Berdayakan dan Sehatkan Masyarakat

Perguruan Tinggi Hadir untuk Berdayakan dan Sehatkan Masyarakat

0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

JAKARTA – Makanan yang mengandung probiotik seringkali terabaikan. Padahal, makanan atau minuman yang mengandung probiotik sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem pencernaan.

Salah satu masalah kesehatan pencernaan yang paling umum adalah diare, yang dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Diare bisa saja terjadi di wilayah yang sering dilanda banjir akibat naiknya permukaan air sungai, seperti warga Jalan Damai, kawasan adat Pajatin Timor, Jakarta.

Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan memberikan edukasi mengenai makanan bergizi tinggi dan pencegahan berbagai penyakit.

Selain itu, pelatihan manfaat masyarakat harus dilaksanakan di sektor kesehatan. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasila (LPPM-UP) memberikan akses dan pelatihan pembuatan yoghurt.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan menjadikan yoghurt sebagai sumber probiotik. Artinya, RW 05 untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang makanan bergizi dengan meningkatkan kesehatan pencernaan warga kawasan Rawajati.

Kegiatan utamanya adalah sosialisasi dan pelatihan langsung untuk menjadikan yogurt sebagai makanan yang mengandung probiotik tinggi. Kader Posyandu RW 05 Rawajati turut serta dalam kegiatan ini.

Warga yang merupakan pelaku UMKM ini sangat antusias mengikuti kegiatan di Sekretariat RW 05, selaku Narasumber Ketua Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. . Ami Marwati, MSc Kegiatan dilakukan dengan memberikan informasi mengenai yoghurt, cara pembuatan dan penyimpanannya, serta melakukan tutorial di hadapan warga.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link