September 21, 2024
Kuku Menguning dan Lebih Tebal? Itu Termasuk Tanda Kuku Tak Sehat

Kuku Menguning dan Lebih Tebal? Itu Termasuk Tanda Kuku Tak Sehat

0 0
Read Time:2 Minute, 49 Second

harfam.co.id, Jakarta Tampilan dan nuansa kuku alami seringkali menjadi pertanda kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, beberapa masalah kuku mungkin mengindikasikan kekurangan vitamin dan mungkin mengindikasikan kondisi kesehatan yang lebih serius yang memerlukan kunjungan dokter.

Menggunakan bahan berbahaya seperti formaldehida dapat merusak kuku, menurut Dana Stern, dokter kulit spesialis kuku. 

“Pemfiksasi kuku yang mengandung formaldehida dapat menyebabkan kuku rapuh dan menyebabkan onikolisis, yang disebut pembelahan,” kata Stern.

Selain itu, paparan aseton yang berlebihan untuk menghilangkan seni kuku dapat menyebabkan dehidrasi signifikan pada kuku, menyebabkan kuku menjadi rapuh, terkelupas, pecah, dan patah.

Penyebab kuku tidak sehat adalah kerusakan akibat trauma, seperti menyikat kuku secara agresif atau menghilangkan kutikula. Proses pembuatan nail art dan menghilangkannya juga dapat menghilangkan lapisan alami kuku Anda.

“Penggunaan produk nail art seperti cat kuku, gel, atau akrilik secara berlebihan pada kuku dapat membuat kuku menjadi rapuh dan dehidrasi,” kata artis kuku selebriti Michelle Saunders.

Dilansir dari Real Simple, kenali empat tanda kuku tidak sehat yang tidak bisa diabaikan.

“Tanda-tanda yang terlihat bahwa kuku Anda tidak sehat adalah kuku rapuh dan kuku mudah patah,” kata Syrieta Aaron, seniman kuku profesional dan instruktur di LeChat Nails. 

2. Mengubah warna kuku

Menurut American Association of Dermatology (AAD), warna kuning bisa disebabkan oleh cat kuku atau kebiasaan merokok. Namun, kuku kuning yang menebal dan berhenti tumbuh bisa disebabkan oleh penyakit paru-paru atau rheumatoid arthritis pada kasus yang parah.

Jika Anda melihat warna hitam kehijauan, ini mungkin merupakan tanda infeksi bakteri. AAD merekomendasikan untuk menemui dokter kulit jika Anda melihat perubahan warna pada kuku Anda untuk memahami sepenuhnya penyebab dan pengobatan yang tepat.  3. Kuku menjadi lebih tebal atau tipis

“Kuku kaki yang semakin tebal atau tipis juga merupakan tanda bahwa ia tidak sehat,” kata Aaron. Jika kuku menjadi sangat tipis, bagian tengahnya akan tenggelam dan terlihat seperti sendok, yang mungkin disebabkan oleh kekurangan zat besi.  

Tanda-tanda lain dari kuku tidak sehat yang terlihat adalah lubang dan lubang pada kuku. Mengutip Cleveland Clinic, lekukan kuku dikenal dengan sebutan garis Boe.

Garis Beau adalah benjolan atau lekukan horizontal pada satu atau lebih kuku jari tangan atau kaki. Garis-garis ini merupakan tanda bahwa ada penyakit, cedera, atau kondisi kulit yang menghalangi pertumbuhan kuku Anda. Mengobati penyebabnya akan memungkinkan kuku baru yang halus tumbuh kembali

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tapi bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang memperlambat (atau menghentikan) pertumbuhan kuku Anda, kata AAD. Lubang kuku sering terjadi pada penderita psoriasis, yang juga dapat menyebabkan kuku pecah. 

Kuku yang sehat memiliki kilau alami dan fleksibel.

“Kuku yang sehat juga memiliki lempeng kuku yang rata, dasar kuku berwarna merah muda dengan ujung putih bening, dan kutikula yang utuh,” kata Saunders.

Untuk menjaga kesehatan kuku, Stern merekomendasikan untuk menghentikan penggunaan produk olahan berlebihan seperti gel, cat kuku, dan cat kuku. Jika tidak bisa, pastikan Anda berhati-hati saat melepas produk perawatan kuku dan carilah produk yang mengandung bahan yang aman untuk kuku.

“Carilah perawatan kuku yang terbukti aman secara ilmiah dan diformulasikan dengan bahan-bahan alami,” ujar Stern.

Selain itu, melembapkan kuku dengan minyak kutikula juga bisa sangat membantu karena kuku menyukai minyak dan kondisioner.

“Ingatlah bahwa kuku terbuat dari protein keratin, jadi rawat kuku Anda selembut Anda merawat rambut dan kondisinya,” kata Saunders.

Aaron juga merekomendasikan untuk memantau suplemen harian Anda, seperti vitamin C, biotin, seng, zat besi, dan magnesium, untuk memastikan kuku Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat dan kuat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link