September 21, 2024
Mengapa Kita Lebih Suka Bau Kentut Sendiri? Ini Penjelasan Ahli

Mengapa Kita Lebih Suka Bau Kentut Sendiri? Ini Penjelasan Ahli

0 0
Read Time:2 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Jakarta – Tanpa disadari, tubuh Anda mengeluarkan gas dengan cara kentut hingga 25 kali sehari, termasuk 3-5 kali saat Anda tidur. Namun keindahannya terletak di balik pertanyaan mengapa kita sebenarnya menyukai kentut kita sendiri dan menganggap kentut orang lain menjijikkan.

Oleh karena itu, tahukah Anda kenapa kita lebih suka mencium bau sendiri? Berikut ulasannya seperti dilansir Bright Side, Senin (29/4/2024). Kentut tidak buruk sama sekali

Mungkin Anda tidak sengaja kentut di dalam mobil yang penuh dengan teman, dan mereka langsung menurunkan kaca jendela sambil berpikir, tidak ada masalah sama sekali dengan kentut Anda.

Hal ini membawa kita pada pertanyaan abadi, mengapa kita merasa jijik ketika orang lain takut, meskipun kita baik, dan bahkan menikmati milik kita sendiri?

Sayangnya, belum ada penelitian yang secara khusus berfokus pada aspek gastroenterologi ini. Namun, ada beberapa teori yang bisa menjelaskan mengapa bau kentut kita lumayan atau bahkan menarik. Semakin banyak kita mengetahui sesuatu, semakin kita menyukainya

Menurut Loretta Breuning, Ph.D., pakar kimia otak mamalia dan perilaku sosial, salah satu penjelasan yang mungkin adalah kita cenderung terbiasa dengan bau kita sendiri. Dengan kata lain, karena kita sering buang angin (rata-rata sekitar setengah liter sehari), kita jadi terbiasa dengan baunya.

“Di alam, kelangsungan hidup bergantung pada kemampuan Anda mendeteksi bau lain, jadi Anda cenderung mengabaikan bau Anda sendiri,” kata Loretta.

Namun, semua spekulasi tersebut menjadi tidak relevan ketika Anda tidak tahan dengan bau badan Anda sendiri.

 

Dalam hal ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah makanan yang Anda konsumsi, dan mungkin sudah waktunya untuk melakukan penyesuaian pola makan.

Ahli gizi Tracy Lockwood, RD, menjelaskan bahwa gas hanyalah hasil metabolisme bakteri atau organisme, yang pada dasarnya merupakan produk sampingan dari pencernaan.

Tergantung pada mikrobiota usus dan flora usus besar Anda, gas yang Anda keluarkan mungkin memiliki bau yang menyengat atau tidak.

Salah satu langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi asupan makanan tinggi sulfat, senyawa yang sulit diserap di usus kecil dan sering ditemukan pada sayuran seperti kubis, brokoli, dan kacang-kacangan.

Lockwood menyarankan bahwa mengonsumsi makanan ini dalam jumlah lebih sedikit dapat mengurangi kemungkinan menghasilkan gas berbau tidak sedap.

Rata-rata seseorang kentut sebanyak 15 kali dalam sehari dan jumlahnya bisa mencapai 40 kali. Kentut disebabkan oleh udara dan gas tubuh yang terperangkap. Meskipun ini adalah proses yang sepenuhnya normal, terkadang hal ini dapat menimbulkan keributan dan memalukan dan itulah sebabnya kebanyakan dari kita mencoba untuk menanggungnya.

Namun, melakukan hal tersebut bukanlah ide yang baik. Karena menyimpan rasa takut dapat menyebabkan beberapa masalah serius.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh menyimpan kerugian Anda seperti dilansir Times of India. 1. Tubuh Anda akan menyerapnya kembali

Saat Anda memaksa tubuh Anda untuk menahan kentut, ada beberapa pilihan, salah satunya diantaranya adalah dengan menyerapnya kembali. Ini kembali ke sirkulasi dan keluar dari napas Anda. 2. Menyebabkan nyeri dan mulas

Saat Anda mengontraksikan otot untuk mencegah kentut keluar, tekanan menumpuk di dalam tubuh dan dapat menyebabkan nyeri, gangguan pencernaan, dan mulas.

Jika dilakukan secara rutin, hal ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada saluran pencernaan Anda. 3. membuat Anda merasa kembung/terbebani sepanjang waktu

Meskipun masih menjadi perdebatan apakah menahan kentut benar-benar membuat Anda kembung atau tidak, diketahui bahwa menahan kentut membuat Anda secara tidak sadar merasa cemas dan memberi kesan bahwa Anda mungkin merasa kembung.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link