September 21, 2024
Boga Group Buka Lowongan Kerja Usia di Atas 60, Ini Manfaat Kerja untuk Lansia

Boga Group Buka Lowongan Kerja Usia di Atas 60, Ini Manfaat Kerja untuk Lansia

0 0
Read Time:3 Minute, 13 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Lapangan kerja yang dibuka Boga Group cukup menyita perhatian. Sebab lowongan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berusia 60 tahun ke atas. Lokasi yang diberikan sama dengan server. 

Lowongan yang diposting di akun Instagram Boga Group telah memicu kontroversi karena beberapa orang percaya bahwa para senior tidak memiliki pekerjaan. Benarkah itu?

Sejak awal tahun 1990an, pekerja lanjut usia telah menunda masa pensiun karena berbagai alasan. Salah satunya adalah banyak orang yang mempunyai sedikit tabungan untuk masa pensiun.

Menurut Wealth, 32% penduduk berusia 65 hingga 69 tahun akan bekerja pada tahun 2022, naik dari sekitar seperempat pada tahun 2000. Hanya 5 persen. 

Menurut laporan baru-baru ini oleh Federal Reserve Bank of Minneapolis, “tingkat pekerjaan laki-laki lanjut usia lebih tinggi dibandingkan perempuan lanjut usia, dan orang lanjut usia dengan gelar sarjana lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan pekerjaan.”

Apakah pekerja yang lebih tua membahayakan kesehatan mental dan fisik mereka dengan bekerja beberapa tahun lagi? Atau apakah pekerjaan kita meningkatkan kesehatan kita secara umum?

“Ini pertanyaan yang sulit. Pekerjaan mempengaruhi kesehatan, namun pada saat yang sama kesehatan mempengaruhi kemampuan untuk bekerja,” tulis Nicole Maistas, seorang profesor kebijakan kesehatan di Harvard Medical School. 

“Penelitian mengenai dampak kesehatan dari pekerjaan telah menghasilkan hasil yang beragam namun positif. “Jadi bagi banyak orang, bekerja lebih lama mempunyai manfaat kesehatan,” tambahnya.

Mengapa bekerja lebih lama baik untuk kesehatan Anda? Ekspresi diri di tempat kerja memerlukan aktivitas fisik. Tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dapat merangsang otak. 

Namun saat ini faktor terpenting terkait kesehatan adalah hubungan sosial dan partisipasi kerja. Budaya dan percakapan anak-anak adalah hal biasa di ruang pabrik. Beberapa orang menemukan tujuan dalam karir mereka, apakah mereka pengemudi dengan pengalaman bertahun-tahun mengemudikan kereta api atau pekerja kantoran yang mengatur acara perusahaan.

Dalam 10 penelitian yang mengamati pengalaman pensiunan di Australia, Jepang, dan Amerika Serikat, tidak ditemukan efek negatif dari bekerja atau menjadi sukarelawan setelah usia pensiun. Empat penelitian mendokumentasikan hasil positif. 

“Pekerjaan, meskipun membosankan dan sulit, memberikan hubungan sosial. Orang mungkin juga berpikir bahwa rekan kerja yang tidak populer dan bos yang buruk lebih baik daripada isolasi sosial karena mereka menciptakan tantangan kognitif yang membuat pikiran menjadi sehat dan aktif,” kata ekonom Axel Borsch-Supan dan Morten Schatt.

Apakah bekerja di masa pensiun benar-benar menyenangkan? Kenyataannya, tidak seperti itu. Luangkan waktu untuk melihat berbagai penelitian mendetail, dan hasilnya akan bervariasi. Kesehatan pensiun dan kepuasan hidup? Ada bukti kuat bahwa pensiun meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta kepuasan hidup.

Bagi mereka yang telah memiliki karir yang baik dan tunjangan yang baik, masa pensiun dapat menjadi waktu untuk memulai karir baru, memulai bisnis sendiri, mencari pekerjaan lain, atau bertahan di perusahaan Anda saat ini untuk beberapa tahun lagi. Pekerjaan itu menawarkan aktivitas, tujuan, dan gaji yang menarik. Bahkan dengan beberapa disabilitas ringan, pekerjaan dapat membantu lansia menjadi aktif secara fisik dan mental. Pekerjaan dan kesehatan saling mendukung selama masa suci.

Namun banyak yang tidak membayar karyawannya ketika mereka bekerja di perusahaan yang tidak menyediakan program tabungan pensiun atau asuransi kesehatan. Kesehatan yang buruk adalah penyebab utama pensiun dini, dan bukti jelas bahwa kesenjangan kesehatan sangat mencolok di kalangan pekerja dengan pendidikan formal rendah, upah rendah, dan kelompok minoritas. Pekerjaan dan kesehatan memburuk.

Berdasarkan penghasilan seumur hidup, dengan melihat statistik seumur hidup, orang yang berpenghasilan tertinggi memperoleh penghasilan paling banyak. Kelompok terbawah nyaris tidak naik, atau dalam beberapa kasus bahkan turun.

Bagi orang-orang dengan karier bagus, bekerja lebih lama dapat memberikan manfaat kesehatan. Apalagi jika pekerjaan tersebut tidak terlalu menimbulkan stres dibandingkan pekerjaan utama mereka.

Bekerja lebih lama dan berada dalam kondisi kesehatan yang lebih baik dapat saling menguatkan, setidaknya untuk sementara. Penghasilan tambahan di masa pensiun juga selalu baik untuk keuangan keluarga.

Tantangan yang dihadapi masyarakat adalah mengambil tindakan kebijakan publik untuk mengatasi kesenjangan kesehatan, yang merupakan hambatan utama dalam memperlebar kesenjangan lapangan kerja. Ada banyak alasan mengapa seseorang harus bekerja lebih lama, namun hanya jika kesehatannya memungkinkan.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link