September 21, 2024
3 Kunci Bikin Hubungan Ekonomi Indonesia-UEA Berjalan Mulus

3 Kunci Bikin Hubungan Ekonomi Indonesia-UEA Berjalan Mulus

0 0
Read Time:4 Minute, 0 Second

harfam.co.id, Wakil Koordinator Umum Investasi Maritim dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta W. Kamdani di Jakarta mengatakan, ada tiga faktor penting yang mendorong dunia usaha dunia ikut serta dalam menjalin hubungan. dekat dan bilateral. antara Indonesia dan UEA.

Yang pertama adalah tingkat kepercayaan dan membangun kepercayaan terbaik antara kedua negara. Dalam beberapa tahun terakhir, dipimpin oleh Presiden saat ini Joko Widodo (Jokowi), kedua negara mengupayakan tingkat rasa saling percaya yang lebih tinggi yang didukung oleh variabel sosial ekonomi.

Poin kedua adalah jaminan kelangsungan politik pemerintahan baru Indonesia yang akan dilantik pada Oktober 2024. Hubungan bisnis memerlukan tiga hal, yaitu kejelasan, kepastian, dan kelengkapan.

“Kadin akan bekerja sama dengan presiden baru untuk memastikan ketiga permasalahan ini diselesaikan demi kepentingan urusan global di masa depan,” kata Shinta dalam Business Forum yang digelar Dubai International Chamber di Jakarta, Senin (6/5/) 2024 ).

Terakhir, faktor ketiga berkaitan dengan organisasi sosio-ekonomi dan geografis saat ini. Kedua negara mengakui tiga faktor penting, yaitu perubahan perdagangan internasional, fragmentasi ekonomi global, dan perubahan keragaman rantai pasokan.

Menurut Shinta, Indonesia dan UEA harus memanfaatkan dan mengurangi risiko perubahan yang berkelanjutan. Diplomasi Ekonomi

Apalagi diplomasi ekonomi tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat, organisasi dunia usaha seperti KADIN Dubai, KADIN Indonesia, bahkan kantor regional kita di 38 wilayah turut berperan penting dalam pelaksanaan operasi bersama.

“Kami mengapresiasi Dubai Chamber yang secara aktif mengambil manfaat dari pasar regional dan mitra di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Saya rasa ini adalah langkah yang cerdas, dan saya yakin Asia Tenggara adalah pusat pertumbuhan global masa depan dengan Indonesia sebagai pusatnya” ujarnya. dia berkata.

Selain itu, Shinta mengatakan banyak hal yang bisa dikembangkan bersama antara Indonesia dan UEA. Saat ini, sebagian besar perdagangan antara Indonesia dan UEA terfokus pada sumber daya mineral. Indonesia ekspor emas dan perak ke UEA, UEA ekspor migas ke Indonesia.

Meski investasi yang dilakukan UEA dan Indonesia kini sebagian besar didominasi oleh kerja sama dengan perusahaan pelat merah. Namun, kata Shinta, dunia usaha Indonesia juga ingin lebih terlibat.

“Sangat disayangkan bisnis kedua negara, kita adalah dua negara Muslim, membiarkan bisnis global Indonesia dan Uni Emirat Arab mendapatkan keuntungan dari aktivitas perdagangan dan investasi yang berbeda dibandingkan mitra tradisional kita,” tutupnya. .

Dubai International Chamber of the United Arab Emirates (UEA), bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Investasi Republik Indonesia serta KADIN mengadakan pertemuan bisnis di Jakarta pada Senin (6/5/2024).

Presiden dan CEO Dubai Chambers, Mohammad Ali Rashed Lootah, membahas perjanjian kerja sama ekonomi antara Indonesia dan UEA tahun lalu. UEA merupakan mitra dagang terbesar kedua Indonesia di Timur Tengah, dengan total volume perdagangan sebesar USD 5,06 miliar.

Selain itu, Uni Emirat Arab telah menjadi salah satu pasar terpenting bagi Indonesia, dengan minyak sawit sebagai produk ekspor utamanya.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif antara UEA dan Indonesia akan menghilangkan hambatan perdagangan berbagai barang dan jasa, dan diharapkan dapat meningkatkan perdagangan nonmigas tahunan antar negara kita menjadi $10 miliar dalam 5 tahun ke depan,” ujarnya. . Lotha.

Menurut Lootah, perjanjian ini membuka peluang bisnis menarik antara Indonesia dan UEA. Penandatanganan perjanjian ini akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pasar yang sangat penting bagi Uni Emirat Arab dan Dubai.

Sementara itu, pada Juni tahun lalu, Dubai International Chamber, salah satu dari tiga kamar dagang di bawah Dubai Chambers, memperluas kerja sama internasionalnya dengan membuka kantor internasional baru di Jakarta.

“Di sini di Jakarta untuk lebih memperkuat hubungan perdagangan dan investasi bilateral,” ujarnya.

Lootah mengatakan, kantor perwakilan Dubai International Chamber di Jakarta senang dapat bekerja sama dengan dunia usaha Indonesia untuk mendukung pertumbuhan dan perdagangan bilateral serta investasi dengan memanfaatkan perjanjian IUAE-CEPA antara UEA dan Indonesia untuk meningkatkan ekspor dan kegiatan impor. kedua negara.

“Kantor kami di Jakarta ingin membangun hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan, terutama sektor publik dan swasta serta mendukung perusahaan-perusahaan yang berbasis di Indonesia yang ingin memperluas ambisi internasionalnya di Indonesia,” tutupnya.

 

Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/BKPM, sebelumnya mengatakan meski tahun politik, konfirmasi penanaman modal pada kuartal I 2024 masih berjalan lancar.

“Kita semua tahu tahun 2024 adalah tahun yang penuh dengan banyak pergerakan karena ini adalah tahun politik, yang biasanya terjadi pada tahun-tahun politik, wait and see, dan saya bersyukur walaupun ada pergerakan, kita bisa melakukannya dengan lebih baik. , bahwa Partai Rakyat berhasil baik dalam kontestasi pemilu,” kata Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers pemaparan kinerja investasi triwulan I tahun 2024 yang digelar pada Senin (29/4/2024) di kantor Kementerian BKPM. diadakan. .

BKPM mencatat realisasi investasi pada triwulan I tahun 2024 mencapai Rp401,5 triliun atau mencapai 24,3 persen dari target realisasi investasi tahun 2024 sebesar Rp1.650 triliun.

Dari segi realisasi investasi tersebut berhasil menyerap 547.419 Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Rinciannya, kontribusi penanaman modal asing (PMA) pada triwulan I 2024 mencapai Rp204,4 triliun atau 50,9 persen, sedangkan realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp197,1 triliun atau 49,1 persen.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link