September 21, 2024
Tol Bocimi KM 64 Longsor, Jalan Ditutup Sementara

Tol Bocimi KM 64 Longsor, Jalan Ditutup Sementara

0 0
Read Time:2 Minute, 35 Second

harfam.co.id, Salah satu ruas Tol Jakarta Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ambruk pada 3 April 2024 sekitar pukul 20.00 WIB. Jalur 1 Tol Bosimi terdampak longsor sesaat sebelum pintu keluar Tol Parungkuda.

Sekretaris Perusahaan Jalan Tol Waskita Alex Siu mengatakan, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan manajemen PT Waskita Toll Road sedang melakukan inspeksi lapangan untuk memanipulasi dan melihat kondisi ruas Tol Bosimi secara keseluruhan. “Bersama PT Trans Jaber Toll Busimi selaku pemilik konsesi tol, kami melakukan pengamanan di lokasi kejadian dan mengalihkan arus lalu lintas dari lokasi kejadian,” kata Alex dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024). ) hujan deras

Longsor dilaporkan terjadi sekitar pukul 20.00 tadi malam, kemungkinan akibat hujan deras saat itu. Selain itu, satu kendaraan juga ikut rusak akibat tertimbun longsor.

Beruntung, penumpang dan kendaraan berhasil dievakuasi dan kemudian dirawat.

Longsor diduga terjadi akibat masuknya air di sekitar lokasi akibat curah hujan yang tinggi, ujarnya.

Aloux mengatakan arus lalu lintas di Jalan Bosimi direkayasa akibat insiden tersebut. Khususnya pengalihan kendaraan yang keluar dari Exit Tol Parungkuda menuju keluar Plaza Tol Sigombong.

Kendaraan dari arah Siawi menuju Parungkuda dialihkan keluar Sigombong. Akses dari Parungkuda menuju Siawi ditutup sementara untuk menghindari kemungkinan terjadinya longsor susulan, jelas Alex.

.

Sebelumnya, tol Bogor Siawi Sukabumi (Bosimi) dari Jakarta hingga Sukabumi ambruk sehingga menyebabkan dua mobil yang melintas dan satu truk tenggelam di bawah jalan.

Pengemudi dan seorang penumpang dinyatakan selamat dalam kejadian ini. Longsor terjadi di KM 64 Pintu Keluar Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu malam, 3 April 2024, sekitar pukul 20.50 WIB. Longsor tersebut diduga dipicu oleh aliran air akibat curah hujan yang tinggi.

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetio mengatakan, longsor terjadi antara pukul 20.50 WIB antara 60-64 kilometer jalur Tol Bosimi dekat pintu keluar Tol Parungkuda dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

Sementara itu, satu unit kendaraan Isuzu Panther rusak akibat tertimbun longsor. Pasca kejadian, disepakati ketentuan sementara dengan pihak pengelola tol dan juga dengan Korlantus PJR asli. tol,” katanya. Tony ada di tempat kejadian. , Kamis (4/4/2024).

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Baik pengemudi maupun penumpang berhasil keluar dengan mudah, kedua korban mengalami luka ringan dan kini dirawat di rumah sakit.

Ia juga mengatakan, selain minibus yang rusak, juga terdapat truk. Sementara itu, curah hujan yang tinggi untuk sementara diduga menjadi penyebab longsor. Polisi langsung menutup jalan tersebut dan dialihkan ke pintu keluar Tol Sigombong.

“Truknya terbalik, namun truknya terbalik karena berusaha menghindar saat mendekati lokasi kejadian. Alhamdulillah pengemudi dalam kondisi baik,” jelasnya.

 

Terkait rumah jalan yang terdampak longsor KM 64, Tony mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk melakukan mitigasi atau penanganan lebih lanjut.

“Untuk mengalihkan lalu lintas kami, Polres Sukabumi berkoordinasi saat Tol Sigombong masuk ke kawasan Bogore dan otomatis teman-teman Korps Lalu Lintas akan mengalihkannya melalui Sigombong,” ujarnya.

Pihaknya belum bisa memastikan seberapa besar dampak longsor di kawasan tol tersebut karena masih dalam tahap evakuasi. Selain itu, dia mengimbau pengguna tol, khususnya yang menuju Sukabumi, untuk sementara menggunakan pintu keluar Tol Art Road atau Sigombong.

“Kendaraan dari Sukabumi tidak masuk Gerbang Parungkuda, melainkan melintasi arteri dan masuk gerbang tol di Gerbang Sigombong,” jelasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link