September 21, 2024
Hanya Tambahkan 1 Bahan, Begini Trik Rebus Udang Agar Warnanya Oranye Menggoda

Hanya Tambahkan 1 Bahan, Begini Trik Rebus Udang Agar Warnanya Oranye Menggoda

0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

harfam.co.id, Jakarta Olahan makanan laut merupakan makanan yang sangat digemari, termasuk udang. Rasanya yang autentik kerap menjadikan masakan udang sebagai pilihan konsumsi, terutama bagi pecinta seafood.​

Selain rasanya yang lezat, udang mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk protein. Menurut Alodokter, udang sendiri merupakan sumber protein hewani, dan 85 gram udang matang mengandung 20 gram protein.

Selain nilai gizinya, tampilan udang yang cantik berwarna jingga cerah saat dimasak membuat sajian ikan ini menggugah selera. Ternyata ada trik lain agar udang lebih berwarna dan menarik.​

Berikut rekap selengkapnya dari akun TikTok @elizabethlioe pada Jumat (21 Juni 2024).

Agar warna udang yang dimasak lebih oranye, segar, dan menarik, @elizabethlioe menyarankan untuk menggunakan tambahan air soda.

Ia mengatakan menambahkan air soda pada udang rebus merupakan trik yang umum dilakukan hotel untuk membuat warna udangnya menarik.

Sebelum Anda mulai memasak, bersihkan udang. Mengutip video YouTube singkat Arnold Poernomo: Bersihkan udang dari cangkang bawahnya lalu cabut dengan jari telunjuk.​

Kemudian, gunakan jari telunjuk untuk menarik bagian bawah kepala hingga mengendur. Selanjutnya gunakan pinset, pisau, sumpit, atau garpu untuk membersihkan kotoran di punggung udang.

Saat membersihkan udang, Anda bisa merebus sepanci air terlebih dahulu lalu membersihkan udang.

Setelah air mendidih, tambahkan sedikit air soda, sekitar 50 ml. Kemudian tambahkan udang dan masak selama 1-2 menit.​

Jika warnanya berubah menjadi oranye, udang siap ditiriskan. Cara ini membuat udang terlihat lebih menarik dan warnanya lebih menonjol. Semoga beruntung!

Udang raja atau dikenal juga dengan nama udang cokong merupakan salah satu jenis udang yang banyak ditemukan di air tawar. Yang membuat udang ini unik adalah kulitnya yang berwarna kebiruan, kepalanya yang besar, dan cakarnya yang panjang.

Berbeda dengan Ebi, udang Rebon bisa mencapai panjang 20-25 cm. Tekstur Ebi kering, renyah, dan berwarna coklat. Udang cantik dengan tubuh berwarna ungu tua kini dapat ditemukan baik kering maupun basah.

Selain enak, ekor udang juga menawarkan banyak manfaat karena komponen utamanya yaitu kitin, antioksidan, dan mineral. Kitin adalah komponen struktural utama ekor udang dan tidak hanya memberikan tekstur tetapi juga manfaat lainnya.

Cangkang udang sebenarnya bisa dimakan dan memiliki manfaat kesehatan. Namun pengolahannya harus benar untuk menghindari luka tajam pada mulut. Menurut Sports Keeda, kulit udang bisa dijadikan kaldu atau bubuk bumbu makanan. Untuk membuat kuahnya, rebus kulit udang dalam air sebentar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link