September 21, 2024
Bantu Pasien Tumor Ganas Asal Garut, Kemensos Beri Akses Pengobatan Gratis

Bantu Pasien Tumor Ganas Asal Garut, Kemensos Beri Akses Pengobatan Gratis

0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

harfam.co.id, Jakarta – Pasien leher pegal Titik Kartika (51) mendapat bantuan medis dari Kementerian Sosial melalui Direktorat Sosial dan Dinas Sosial Kabupaten Garut. Warga Desa Sukamulya, Kecamatan Cilau, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini menderita tumor ganas di wajah sebelah kiri.

Dinas Sosial Kabupaten Garut segera mengubah BPJS Titik yang semula mandiri menjadi penerima bantuan (PBI) sehingga gratis biaya pengobatan bagi mereka.

Kemudian, untuk memudahkan fleksibilitas poin tersebut, Kemensos juga menggandeng Kepala Dinas Kesehatan di Dinas Kesehatan Kecamatan Grot. Jadi Titik akan mendapatkan layanan ambulans gratis jika berobat ke RS Hassan Sadiqin Bandung yang berjarak 75 kilometer dari rumahnya.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Garut siap membantu melalui Public Safety Center (PSC). Dengan bantuan relawan, Ibu kami. Tutak mendukung saat dia ke Bandung untuk berobat dan pulang ke Garut tanpa uang sepeser pun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr Antara.

Selain bantuan medis, Kemensos juga memberikan dukungan ATENSI kepada Titik dan keluarga berupa makanan, pakaian, dan perlengkapan kebersihan diri. Untuk membantu penghidupan keluarga, Kementerian Sosial menyediakan paket magang warung kelontong yang akan dikelola oleh suaminya Toto (61).

Toto diketahui bekerja sebagai buruh lepas dengan upah seadanya dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Titik dan anak tunggalnya Zidane (15). 

 

Toto mengatakan Tikke menjalani operasi pengangkatan tumor di wajahnya delapan bulan lalu di RS Hassan Sadiqin Bandung. Namun, tumor itu kembali tumbuh di wajahnya.

“Saat ini kami tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak ada biaya untuk berobat,” kata Toto.

Oleh karena itu, selain mendukung usaha toko kelontong Toto, Kementerian Sosial juga akan terus memantau dan mendukung pengelolaan kesehatan Tito agar berjalan lancar sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap penghidupan keluarga.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link