September 21, 2024
Jahe sebagai Penurun Kolesterol Alami, Ini Cara Membuat Minuman Jahe yang Efektif

Jahe sebagai Penurun Kolesterol Alami, Ini Cara Membuat Minuman Jahe yang Efektif

0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

harfam.co.id, Jakarta Jahe, rempah yang luar biasa, telah menjadi obat tradisional andalan sejak zaman dahulu. Selain memberi rasa unik pada jahe pada berbagai masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu khasiat jahe yang paling penting adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan kita. Karena kolesterol yang melebihi batas normal dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Nah Sobat Phimela, berikut manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Demikian ikhtisar manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita.

Menarik bukan? Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi jahe secara rutin agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Jahe memiliki banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Mari kita lihat definisinya di bawah ini!

1. Mengurangi kolesterol jahat

Jahe efektif menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Jahe mengandung antioksidan dan senyawa aktif seperti gingerol dan shogaol yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme lipid, sehingga membantu mengontrol kadar kolesterol.

2. Peningkatan sistem kekebalan tubuh manusia

Jahe kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari berbagai penyakit.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Jahe dianggap sebagai obat alami untuk berbagai masalah pencernaan seperti mual, muntah dan gangguan pencernaan. Senyawa aktif yang terkandung dalam jahe merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Mengurangi rasa sakit dan peradangan

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada kondisi seperti osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

5. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2, jadi jangan ragu untuk memasukkan jahe ke dalam rutinitas harian Anda. Selain rasanya yang segar dan nikmat, jahe mempunyai banyak manfaat kesehatan yang luar biasa!

Berikut ini resep praktis semur jahe yang efektif menurunkan kolesterol: Bahan-bahan:

– 2-3 potong jahe segar

– 4 gelas air

– 1-2 sendok makan madu (opsional)

– 1 lemon (opsional)

1. Buang kulit jahe dengan sendok atau pisau. Setelah itu, potong jahe menjadi irisan tipis atau hancurkan dengan balon.

2. Panaskan air hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api menjadi rendah dan biarkan mendidih selama 10-15 menit. Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan senyawa aktif jahe larut dalam air.

3. Saring jahe yang sudah matang melalui saringan halus untuk memisahkan potongan jahe ke dalam air mendidih.

4. Jika ingin menambah rasa manis, tambahkan 1-2 sendok makan madu pada jahe yang sudah dimasak. Anda juga bisa memeras lemon untuk rasa segar dan tambahan vitamin C.

5. Tuang kuah jahe ke dalam gelas dan sajikan selagi panas. Sisa rebusan bisa disimpan di lemari es dan dipanaskan kembali sebelum disajikan.

Dengan mengonsumsi rebusan jahe ini secara rutin, Anda akan memperoleh manfaat kesehatan yang luar biasa dari bumbu alami ini. Semoga beruntung!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link