September 21, 2024
12 Rakaat Salat Sunah Rawatib, Kenali Waktu, Niat, dan Keutamaannya

12 Rakaat Salat Sunah Rawatib, Kenali Waktu, Niat, dan Keutamaannya

0 0
Read Time:3 Minute, 55 Second

harfam.co.id, Jakarta Sholat Sunnah rawatib merupakan sholat sunnah yang dilakukan secara rutin dan dianjurkan oleh Nabi SAW untuk menunjang dan menyehatkan ibadah wajib seorang muslim. Ada 12 rakaat Sholat Sunnah Rawatib yang diutamakan untuk dikerjakan setiap hari.

Melaksanakan Sholat Sunnah Rawatib memiliki sejumlah keutamaan. Pertama, shalat Sunnah Rawatib dapat menunjang dan menguatkan ibadah wajib umat Islam. Dengan menunaikan shalat Sunnah Rawatib, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pahala dan keberkahan atas ibadah wajibnya. Kedua, Sholat Sunnah Rawatib juga dapat memberikan ketenangan dan ketaqwaan dalam beribadah sehingga dapat mempererat hubungan spiritual seorang muslim dengan Allah Yang Maha Suci dan Maha Suci.

Dalam melaksanakan shalat Sunnah Rawatib juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Waktu yang benar adalah sebelum atau sesudah shalat wajib. Sebagai seorang Muslim, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menunaikan Sunnah Rawatib Namaz ini. Dengan menunaikan shalat Sunnah Rawatib, Anda dapat memperoleh keberkahan dan keberkahan dalam menunaikan Ibadah, serta tetap menjaga keutamaan Ibadah wajib.

Berikut harfam.co.id rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2024) tentang salat Sunnah Rawatib 12 rakaat.

Sebelum atau sesudah salat wajib dilakukan 12 rakaat salat Sunnah Rawatib. Waktu 12 rakaat Sholat Sunnah Rawatib dijelaskan dalam sebuah hadits, Ibnu Qudama berkata:

“Masing-masing sunnahnya adalah rawatib kobliyyah, kemudian waktunya dimulai dari awal shalat wajib hingga pelaksanaan shalat wajib, dan shalatnya adalah rawatib badiyyah, kemudian waktunya dimulai dari akhir shalat wajib hingga selesainya shalat wajib. doa. (Al-Mughni 2/544)

Sholat Sunnah Rawatib terdiri dari beberapa bagian yaitu Sholat Sunnah Rawatib Muaqad dan Sholat Ghuiru Muaqad. Sholat Sunnah Rawatib 12 rakaat yang sangat dianjurkan adalah shalat Sunnah Rawatib Muaqad yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

12 rakaat shalat Sunnah Rawatib ini : 2 rakaat sebelum Samaz 2 atau 4 rakaat sebelum Zuhur 2 atau 4 rakaat setelah Zuhur 2 rakaat setelah Maghrib 2 rakaat setelah Isya.

Penjelasan mengenai salat sunnah 12 rakaat Rawatib disebutkan dalam sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi dan An-Nasa’i.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat dalam shalat Sunnah Rawatib, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga, (yakni): empat rakaat sebelum Zur.” dan dua rakaat setelahnya, dan dua rakaat setelah Maghrib, dan dua rakaat setelah Isya, dan dua rakaat sebelum fajar.” (HR. At-Tarmidi No. 414, An-Nasa’i No. 1794).

Sedangkan shalat sunnah rawatib ghoyru muaqad merupakan jenis shalat sunnah rawatib yang tidak begitu ditekankan. Waktunya 2 atau 4 rakaat sebelum Ashar (jika dikerjakan 4 rakaat maka dikerjakan dengan 2 kali salam), 2 rakaat sebelum Maghrib dan 2 rakaat sebelum Isya.

Sholat sunnah rawatib 12 rakaat dimaksudkan untuk bacaan yang tidak jauh berbeda dengan bacaan shalat fardhu. Anda hanya perlu menambahkan Qoblijatan Lillahi Ta’ala (jika dilakukan sebelum shalat wajib) di akhir niat atau Ba’diyatan Lillahi Ta’ala (jika dilakukan setelah shalat wajib).

Niat Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Subuh

اَُلِّى سُنَّةَ الصُبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبَ الْقِبْلَ ةِ ِللهِ تَعَالَى Ushallii sunnatash shubhi rak’ataini qabliy-yaaalla lia.

Yaitu,

“Aku (berniat) salat 2 rakaat salat subuh kabli, karena Allah Ta’ala.”

 

Niat Sholat Sunnah Rawatib Setelah Isya

اُصَلِّى سُنَّةً الْعِشَاءِ رَكْعَتَينِ الْقِبْل َ ةِ ِللهِ تَعَالَى Ushallii sunnatal ‘isyaa’i rak’ataini ba’yalaahi-.

Yaitu,

“Saya (niat) salat Sunnah Badiya Isya 2 rakaat, karena Ta’ala Allah.”

Niat sholat sunnah rawatib ini bisa anda sesuaikan dengan sholat wajib yang anda lakukan. Sementara itu, tata cara melaksanakan 12 rakaat Sunnah Ravatib tidak berbeda dengan shalat wajib 5 waktu.

Dengan mengetahui 12 rakaat Sholat Sunnah Rawatib pasti akan mendapatkan manfaat yang besar dalam melaksanakannya. Pentingnya shalat 12 rakaat sunah rawatib dijelaskan dalam berbagai hadits. Berikut beberapa keutamaan shalat Sunnah Rawatib 12 rakaat menurut hadits: 1. Membangun rumah di surga

At-Tirmidzi dan An-Nasa’i meriwayatkan sebuah hadits yang menyebutkan bahwa atas wewenang Aisyah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: : “Siapa yang meninggalkan kita dua belas (12). ) rakaat shalat sunnah Rawatib, maka Allah akan membangunkannya rumah di surga…” (HR. At-Tarmidzi #414, An-Nasa’i #1794)

  2. Lebih baik dari dunia dan isinya

Aisyah Radiyallahu ‘anha meriwayatkan sebuah hadits tentang sunnah shalat rawatib sebelum fajar, dari Rasulullah SAW, yang bersabda: “Dua rakaat sebelum fajar lebih baik dari dunia dan isinya.” Dalam pepatah lain: “Dua rakaat sebelum fajar lebih aku sukai daripada seluruh dunia.” (HR.Muslim No.725)

  3. Api Neraka diharamkan

Ummu Habiba radhiyallahu ‘anha berbicara tentang manfaat pagi hari. Dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengerjakan empat rakaat sebelum Zur dan empat rakaat setelahnya, maka Allah melarang dia dari api neraka.” (HR. Ahmad 6/325, Abu Dawud #1269, At-Tarmizhi #428, An-Nasa’i #1160)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link