September 21, 2024
Dokter Kulit Ungkap Cara Cegah Flek Hitam Akibat Sinar Matahari

Dokter Kulit Ungkap Cara Cegah Flek Hitam Akibat Sinar Matahari

0 0
Read Time:59 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Penggunaan produk perawatan kulit yang mencerahkan seperti serum vitamin C dapat mencegah flek hitam akibat sinar matahari saat cuaca panas, kata dokter kulit Fitria Agustina.

|

Rutin menggunakan produk yang mengandung bahan seperti asam konat, asam azelaic, atau vitamin C dapat membantu menghilangkan flek hitam, kata Fitria dalam wawancara melalui pesan singkat yang diterima, Jumat (3/5/2024).

|

Paparan sinar matahari yang berlebihan meningkatkan risiko hiperpigmentasi kulit, atau bintik hitam, kata Fetria. Kondisi ini terjadi terutama pada individu dengan kulit lebih gelap atau riwayat hiperpigmentasi.

|

Selain serum pemutih, penggunaan tabir surya setiap hari merupakan langkah penting untuk mencegah peningkatan pigmentasi pada kulit yang ada dan munculnya flek hitam baru.

|

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menyarankan penggunaan tabir surya berspektrum luas dengan nilai SPF lebih tinggi (minimal 30) dan PA++++ untuk menghindari sinar matahari berlebihan dan mencegah munculnya flek hitam.

|

Selain itu, eksfoliasi dengan AHA dan retinol topikal juga dapat menghilangkan lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebih sehingga membantu menghilangkan flek hitam. Untuk menjaga kelembapannya, Fitria menyarankan untuk menggunakan pelembab yang ringan dan tidak berminyak agar kulit tetap terhidrasi, terutama setelah mandi atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Eksfoliasi dengan asam buah dapat membantu…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link