September 21, 2024
Nunggak Pajak Kendaraan Kini Ditagih Sampai ke Rumah

Nunggak Pajak Kendaraan Kini Ditagih Sampai ke Rumah

0 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

JAKARTA, harfam.co.id – Pemerintah daerah kini lebih giat menerima pendapatan dari sektor pajak kendaraan hingga menyeleksi sepak bola. Dimana merujuk pada alamat pemilik kendaraan yang menunggak pajak.

Sebagaimana Kabupaten Ogan Komerang Olu (OKU), Sumatera Selatan dijalankan dengan sistem administrasi tunggal (Samsat). Dimana dibentuk tiga tim untuk membayar tunggakan wajib pajak sepeda motor.

Proyek penggalangan dana door to door ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi penerimaan Kepala Daerah (PAD) dari pembayaran pajak kendaraan. Para pejabat ini biasa mendatangi rumah para wajib pajak yang berhutang PKB, bahkan sampai ke desa-desa untuk membayar utangnya.

Kepala Samsat OKU Bushra Bisli Bismarck, Kepala Pendataan dan Billing Saipuddin di Baturaja mengatakan, timnya terdiri dari lima orang. Oleh karena itu, total ada 15 petugas yang langsung mendatangi rumah wajib pajak tersebut.

Pejabat di daerah juga mengedukasi masyarakat tentang penggunaan aplikasi Signal untuk membayar pajak kendaraan melalui ponsel pintar. 

“Jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor Samsat untuk membayar pajak mobil, cukup menggunakan smartphone.” Katanya, dilansir harfam.co.id Otomotif dari Antara pada Minggu 11 Agustus 2024.

Pilihan layanan sinyal ada dua, yaitu jika STNK dikirim langsung ke rumah Anda, klik opsi pengiriman dan STNK akan dikirim melalui kantor pos.

“Ada pilihan lain, setelah membayar pajak kendaraan melalui aplikasi Sinyal, membawanya ke kantor STNK Samsat setempat,” ujarnya.

Program ini mendukung persyaratan pada huruf 74 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang pembatalan STNK dan identifikasi kendaraan. Seperti diketahui, polisi akan menghapus informasi kendaraan jika pemiliknya tidak bisa memperbarui STNK kendaraannya.

Penghapusan data kendaraan terjadi apabila pemilik kendaraan tidak memperpanjang jangka waktu 5 tahun atau memperbarui informasi pelat nomor. Jika tetap lebih dari dua tahun berturut-turut, informasi pendaftaran dapat dihapus oleh polisi. Yang terpopuler: virus grab di SPBU pertamina, BYD gabung dengan Hyundai News bahas virus grab di SPBU Pertamina dan BYD bypass Hyundai, banyak dibaca dan di channel harfam.co.id Otomotif menjadi sangat populer. harfam.co.id.co.id 14 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link