September 21, 2024
9 Cara Mudah Meningkatkan Kebahagiaan Menurut Ahli, Patut Dicoba

9 Cara Mudah Meningkatkan Kebahagiaan Menurut Ahli, Patut Dicoba

0 0
Read Time:3 Minute, 3 Second

harfam.co.id, Jakarta – Kebahagiaan merupakan keadaan emosional yang didambakan setiap individu. Hal ini terkait dengan perasaan positif, kepuasan dan kenikmatan dalam hidup.

Namun kebahagiaan bukanlah sesuatu yang statis. Tingkat kebahagiaan seseorang dapat berubah seiring berjalannya waktu, dipengaruhi oleh berbagai peristiwa kehidupan.

Oleh karena itu, penting untuk terus memperhatikan kesejahteraan emosional dan mengambil langkah-langkah yang dapat meningkatkan kebahagiaan.

Sebuah studi oleh Dunigan Folk dan Elizabeth Dunn berjudul “How Can People Be Happier?” A Systematic Review of Preregistered Experiments,” yang diterbitkan dalam Annual Review of Psychology, membahas investigasi eksperimental mengenai strategi yang direkomendasikan untuk mencapai kebahagiaan mutlak.

Penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat diukur dan dipelajari. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan, seperti yang direkomendasikan peneliti, seperti dilansir Psychology Today, Jumat (31/05/2024). 1. Berlatihlah untuk lebih bersyukur

Meski manfaat jangka panjangnya belum diketahui secara pasti, namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa syukur, misalnya dengan menulis surat atau SMS, dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang dengan cepat.

Efek positif ini bisa bertahan hingga satu hari setelah operasi ini. 2. Cobalah untuk lebih bersosialisasi

Seringkali, ketika individu berpikir tentang memuaskan kebutuhannya untuk berhubungan dengan orang lain, mereka cenderung memikirkan hubungan intim seperti hubungan romantis atau persahabatan dekat.

Namun interaksi sosial dengan orang asing juga dapat memberikan manfaat dan meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang.

Efek ini terutama akan terlihat ketika seseorang bersifat ekstrovert dalam berinteraksi, artinya berperilaku ramah, percaya diri, dan berbicara dengan baik.

Perilaku seseorang sering kali mencerminkan keadaan emosinya, namun bisa juga mengarah ke arah sebaliknya.

Dengan kata lain, seperti halnya perasaan bahagia dapat memengaruhi perilaku positif, bertindak seolah-olah Anda bahagia juga dapat meningkatkan suasana hati Anda. Oleh karena itu, tunjukkanlah senyuman Anda dari waktu ke waktu.

Ketika kita terbiasa dengan berbagai hal, aktivitas yang dulu membuat kita bahagia mungkin tidak lagi memberikan efek yang sama.

Salah satu cara untuk mengembalikan apresiasi terhadap hal-hal tersebut adalah dengan menambahkan unsur-unsur baru. Misalnya saja mencoba jajanan unik yang belum pernah Anda coba sebelumnya atau rayakan akhir pekan seperti sedang berlibur.

Individu yang berpikir positif cenderung melihat sisi positif dari berbagai situasi yang dihadapinya.

Meskipun efek positif dari sikap ini tidak bertahan lama, namun secara umum hal ini membantu kita merasa lebih baik dalam menghadapi situasi stres yang kita hadapi.

Membantu orang lain adalah cara potensial untuk meningkatkan kebahagiaan. Misalnya, memberikan uang secara sukarela kepada mereka yang membutuhkan dapat memberikan manfaat emosional positif yang signifikan.

Dampak positif ini lebih mungkin terjadi ketika Anda mempunyai kebebasan untuk memilih kapan, berapa banyak dan kepada siapa Anda ingin memberikan bantuan serta dapat melihat sendiri bagaimana kontribusi tersebut dapat bermanfaat bagi penerima dukungan.

Untuk apa? karena mengetahui bahwa barang yang Anda miliki saat ini akan memiliki versi yang lebih baik pada produk baru yang keluar dalam waktu dekat sering kali mengurangi keberuntungan dari produk yang Anda miliki saat ini.

Misalnya, mengetahui bahwa versi ponsel cerdas Anda yang lebih canggih akan segera tersedia dapat mengurangi apresiasi Anda terhadap versi yang Anda miliki saat ini.

Menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas yang tidak menyenangkan dapat meningkatkan kebahagiaan Anda.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan melepaskan kebutuhan akan kesempurnaan dan menyelesaikan tugas dengan cepat.

Cara lainnya adalah dengan membayar orang lain untuk melakukan tugas tersebut, seperti membayar seseorang untuk membersihkan rumah atau menjalankan tugas untuk kebutuhan Anda.

Individu cenderung merasa lebih bahagia setelah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang dapat menghemat waktu.

Membatasi penggunaan ponsel bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan mood Anda. Misalnya, saat Anda pergi keluar bersama teman, Anda dapat mengurangi kebiasaan memeriksa ponsel secara berlebihan, mengurangi gangguan, dan meningkatkan kesenangan bersama mereka.

Demikian pula halnya dengan penggunaan media sosial, membatasi penggunaan dalam jangka panjang akan menghasilkan kebahagiaan dan kepuasan hidup yang lebih besar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link