September 21, 2024
Server PDN Gunakan Password Admin#1234, Ahli Ungkap Cara Bikin Password Aman

Server PDN Gunakan Password Admin#1234, Ahli Ungkap Cara Bikin Password Aman

0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

JAKARTA – Warganet bergembira karena dokumen berisi nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses server Pusat Data Nasional beredar di media sosial. Seru sekali, karena password yang digunakan sangat umum dan mudah ditebak: “Admin #1234”.

Yuliya Novikova, Head of Digital Tracking Intelligence di Kaspersky, mengatakan bahwa orang secara tidak sadar membuat kata sandi yang bersifat “manusia”.

Artinya berisi kata-kata dari kamus dalam bahasa aslinya, seperti mewakili nama dan angka atau objek lain. Bahkan kombinasi kuat yang tampaknya jarang benar-benar acak, sehingga dapat diprediksi oleh algoritma.

Oleh karena itu, solusi yang paling tepat adalah dengan membuat kata sandi acak menggunakan pengelola kata sandi yang modern dan andal.

“Aplikasi tersebut dapat menyimpan data dalam jumlah besar dengan aman, memberikan perlindungan data pengguna yang komprehensif dan tangguh,” ujarnya.

Oleh karena itu, untuk memperkuat kebijakan pribadi atau perusahaan, Yuliya memberikan saran berikut ini: 1. Aplikasi pengelola kata sandi hampir tidak mungkin mengingat kata sandi yang panjang dan unik untuk semua layanan yang Anda gunakan, tetapi dengan pengelola kata sandi, Anda hanya dapat mengingat satu kata sandi asli. . Kata sandi.

2. Kata sandi yang berbeda untuk setiap layanan Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap layanan. Dengan cara ini, meskipun satu akun dicuri, akun lainnya tidak akan dicuri.

3. Kata-kata acak mungkin lebih aman jika digunakan kata-kata yang tidak terduga. Meskipun menggunakan kata-kata yang umum, namun dapat disusun dalam urutan yang tidak biasa dan pastikan kata-katanya menyatu. Ada juga layanan online yang akan membantu memeriksa apakah kata sandinya cukup kuat.

4. Hindari informasi pribadi. Sebaiknya gunakan kata sandi yang mudah ditebak dari informasi pribadi Anda, seperti tanggal lahir, nama anggota keluarga, hewan peliharaan, atau nama Anda. Ini biasanya merupakan tebakan pertama yang akan dicoba oleh penyerang.

5. Otentikasi 2 Faktor Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Meskipun tidak terkait langsung dengan kekuatan kata sandi, mengaktifkan 2FA menambah lapisan keamanan tambahan. Bahkan jika seseorang mengetahui kata sandi Anda, mereka masih memerlukan bentuk otentikasi kedua untuk mengakses akun Anda. Pengelola kata sandi modern menyimpan kunci 2FA dan mengamankannya dengan algoritma enkripsi terbaru.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link