September 21, 2024
Siap Mudik Lebaran 2024? XL Axiata Optimalkan Jaringan di Jalur Sumatera dan Jawa

Siap Mudik Lebaran 2024? XL Axiata Optimalkan Jaringan di Jalur Sumatera dan Jawa

0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

JAKARTA – XL Axiata memastikan sebagian besar jalur pulang utama memiliki jaringan data 4G LTE yang berkualitas. “Kami senantiasa meningkatkan kualitas jaringan sesuai dengan pertumbuhan trafik, antara lain penambahan BTS baru, peningkatan jaringan fiber optic dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan,” jelas Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa.

Menurut Gede, perluasan ini akan terus dilakukan agar pelayanan dapat lebih merata menjangkau wilayah-wilayah yang memiliki potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Tol Trans Sumatera.

XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama tersibuk di Sumatera dan jalur utama mudik lebaran.

Baru-baru ini, di jalan tol yang menghubungkan Sumsel hingga Lampung dan juga menuju Pulau Jawa, telah ditambah sekitar 10 BTS 4G di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan.

Selain itu, XL Axiata juga menambah kapasitas menjadi 195 BTS yang berlokasi di wilayah Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan lalu lintas di Jalan Tol Palembang – Lampung sebesar 54% dengan total panjang 373 km. Selain Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga menambah BTS di beberapa ruas Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas baru.

Gde mengatakan penguatan infrastruktur jaringan meliputi pengembangan, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran customer experience, yang juga dilakukan XL Axiata di rute-rute utama Pulau Jawa, sama tol dan tidak pajak, serta jalur kereta api, dengan menyiapkan jaringannya berkapasitas 2-3 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Saat ini total terdapat lebih dari 2.800 layanan pendukung BTS 4G di Tol Trans Jawa sepanjang 979 km. “Daerah-daerah tertentu yang semakin ramai setiap datangnya libur panjang tidak bisa dihindari.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​”Selain tempat wisata, sekaligus menjadi pusat perbelanjaan, titik keberangkatan para pemudik yang menggunakan moda transportasi darat, udara, dan laut,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link