September 21, 2024
Jangan Mager, Rutin Olahraga Bikin Awet Muda

Jangan Mager, Rutin Olahraga Bikin Awet Muda

0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

harfam.co.id, Jakarta Penuaan merupakan suatu hal yang pasti, namun gaya hidup seseorang dapat menentukan seberapa cepat hal tersebut terjadi. Pakar kedokteran olahraga Grace Joselini Corlesa mengatakan penuaan bisa diperlambat jika seseorang menjalani gaya hidup sehat, salah satunya rutin berolahraga.

Olahraga teratur dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti hilangnya massa otot, kepadatan tulang, dan masalah sistem kardiovaskular, kata Grace. Selain itu, olahraga teratur dapat mencegah peningkatan kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gangguan saraf.

Mengenai jenis olahraga terbaik untuk memperlambat tanda-tanda penuaan, Grace mengatakan kombinasi jenis olahraga penting untuk mendapatkan hasil terbaik.

Dalam pesan tertulis yang diperoleh harfam.co.id, Grace mengatakan: “Setiap jenis olahraga berperan penting dalam menunjang kesehatan individu dan saling mendukung, sehingga sebaiknya dilakukan secara kombinasi untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. .

Tiga olahraga

Grace mengatakan, olahraga secara umum terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: olahraga kardiovaskular

Latihan kardiovaskular seperti lari, bersepeda, berenang, dan jalan cepat merupakan pilihan yang baik karena meningkatkan sirkulasi, daya tahan, dan kesehatan jantung.

“Olahraga jenis ini juga menjaga tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol, serta mengoptimalkan proses pembakaran kalori dan metabolisme tubuh, sehingga pada akhirnya memperlambat efek penuaan,” ujar dokter yang rutin berolahraga setiap hari. Bintaro Jaya Banten.

Selain itu, olahraga kardiovaskular juga diduga dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas tidur.

Latihan kardiovaskular atau aerobik sebaiknya dilakukan selama 150 menit/minggu, yaitu latihan aerobik intensitas sedang 30 menit/hari (target denyut nadi 65-75% denyut nadi maksimum/dnm) atau latihan aerobik intensitas tinggi 75 menit/minggu (Targetkan 76-85% DNA).

Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau menggunakan beban tubuh sendiri untuk latihan kekuatan, juga penting untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Jenis olahraga ini membantu membangun massa otot, meningkatkan kepadatan tulang, dan memperbaiki postur tubuh. Latihan kekuatan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga menjaga berat badan dan mengontrol kadar gula darah, kata Grace.

Latihan kekuatan atau ketahanan harus dilakukan 2-3 kali seminggu, menargetkan kelompok otot yang berbeda, dan harus cukup berat untuk menyebabkan kelelahan setelah 2-3 set dengan 8-12 repetisi.

Yoga, Pilates, Tai Chi, dan peregangan dapat membantu menjaga kelenturan, memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi risiko cedera.

Latihan ini juga membantu melepaskan ketegangan dan stres sehingga berdampak positif pada kesehatan mental dan emosional.

“Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini dapat membuat peserta tetap awet muda dan menurunkan risiko stroke,” kata Grace.

Grace mengatakan ada hal lain yang sama pentingnya dengan olahraga dalam memperlambat proses penuaan. Hal ini termasuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menghindari makanan berlemak yang mengandung gula dan garam berlebih.

Selain itu, menjaga berat badan ideal, berhenti merokok, cukup tidur, dan mengelola stres juga menjadi faktor penting agar tanda-tanda penuaan tidak muncul sebelum waktunya, kata Grace.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link